KALIBRASI INSTRUMEN LITERASI MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN IRT DAN APLIKASINYA UNTUK ESTIMASI SKOR

SUSANTO, HARI PURNOMO and RETNAWATI, HERI (2023) KALIBRASI INSTRUMEN LITERASI MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN IRT DAN APLIKASINYA UNTUK ESTIMASI SKOR. EDUMATIC : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 13 (1). pp. 23-36. ISSN 2088-2157

[img] Text
5. hps-Kalibrasi Instrumen Literasi Matematika Siswa Menggunakan IRT-Turnitin.pdf

Download (3MB)

Abstract

Literasi matematika merupakan salah satu komponen yang menjadi perhatian pada Assesmen Kompetensi Minimum (AKM). Kebijakan ini sebagai upaya Kemendikbud untuk mengatasi rendahnya kemampuan literasi siswa, dan faktor-faktor penyebabnya. Multistage Adaptive Test (MSAT) digunakan sebagai metode penilaian pada AKM. MSAT dikembangkan dengan konsep IRT. Tujuan dari artikel ini yaitu mengaplikasikan Item Respons Theory (IRT) untuk kalibrasi instrumen literasi matematika, dan memanfaatkan parameter butir hasil kalibrasi untuk estimasi skor kemampuan literasi matemtika. Banyak butir pada instrumen yang digunakan yaitu 15 butir pilihan ganda. Responden yang digunakan sebanyak 65 siswa SMP kelas 8. Setelah melalui proses validtias konstruk menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) 2 butir tidak memenuhi, karena memiliki faktor loading yang rendah dan 13 butir digunakan untuk proses kalibrasi. Proses kalibrasi butir dan penskroan dilakukan dengan program R package mirt. Hasil kalibrasi menunjukan bahwa instrumen cocok dengan model Rasch. Semua asumsi lRT unidimensi terbukti terpenuhi, sehingga tidak ada pelanggaran dalam mengestimasi parameter butir. Parameter butir berupa tingkat kesulitan dimana terdapat satu butir tidak fit yaitu butir ke-3. Perpotongan fungsi informasi dan standar error menunjukkan instrumen akan meberikan informasi yang akurat, jika digunakan siswa dengan kemampuan -2.965 sarnpai 1.085. Parameter butir yang dihasilakan dapat digunakan untuk estimasi skor kemampuan literasi matematika konten aljabar. Kata Kunci: CFA, IRT, kalibrasi, konten Aljabar, literasi matematika, penyekoran IRT

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:17
Last Modified: 17 Jul 2023 03:17
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1168

Actions (login required)

View Item View Item