FAELANI, NUR and SETYOWATI, ENY (2018) TINDAK TUTUR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Prakerta, 01 (01). pp. 54-61. ISSN 2654-2962
Text
267087161.pdf Download (99kB) |
|
Text
267087161_2.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan fungsi tindak tutur Searle yang terjadi dalam proses pembelajaran antara guru dan siswa keldas VII SMP Negeri 2 Pacitan Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah guru Bahasa Indonesia dan murid kelas VII C SMP Negeri 2 Pacitan yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan subjek kelas pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, dokumentasi, perekaman, dan wawancara. Metode analisis data digunakan dalam penelitian ini metode padan. Metode padan dalam analisis data yang peneliti pergunakan juga melibatkan teknik dasar. Teknik dasar yang dimaksudkan adalah teknik Pilah Unsur Penentu (PUP). Hasil analisis data diperoleh jenis tindak tutur Searle dalam proses pembelajaran di kelas VII C SMP Negeri 2 Pacitan yaitu lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Fungsi tindak tutur yang tercatat adalah asertif yang, ekspresif, komisif, dan deklaratif. Kata Kunci: Tindak Tutur Searle, Jenis Tindak Tutur, Fungsi Tindak Tutur, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 01:56 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 01:56 |
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1230 |
Actions (login required)
View Item |