SETYOWATI, ENY (2021) HAMBATAN PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA STKIP PGRI PACITAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN ABDIMAS TAHUN 2021. LPPM STKIP PGRI PACITAN, PACITAN, pp. 257-260. ISBN 978-602-53557-7-6
Text
PROSIDING-SEMNAS-2021_48_HAMBATAN-PEMBELAJARAN-DARING-MAHASISWA-STKIP-PGRI-PACITAN-PADA-MASA-PANDEMI-COVID-19.pdf Download (178kB) |
|
Text
PROSIDING-SEMNAS-2021_48_HAMBATAN-PEMBELAJARAN-DARING-MAHASISWA-STKIP-PGRI-PACITAN-PADA-MASA-PANDEMI-COVID-19_3.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pandemi belum berakhir, pembelajaran daring menjadi satu cara untuk kelangsungan belajar di lembaga pendidikan semua tingkatan. Pembelajaran daring yang dilaksanakan dua tahun terakhir di STKIP PGRI Pacitan menemui beberapa hambatan, karena setiap mahasiswa berada dalam kondisi yang tidak sama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hambatan yang dialami mahasiswa STKIP PGRI Pacitan khususnya mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia selama pembelajaran daring. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pemerolehan data melalui pernyataan mahasiswa terhadap pertanyaan terkait pembelajaran daring, observasi dan dokumentasi saat pembelajaran daring berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hambatan internal dan eksternal yang dialamai mahasiswa. Hambatan internal meliputi kejenuhan, kurangnya pemahaman materi, dan menurunnya motivasi belajar, sedangkan hambatan eksternal berupa jaringan internet yang tidak stabil, terbatasnya komunikasi mahasiswa dengan dosen saat perkuliahan, spesifikasi gawai yang rendah, kondisi lingkungan rumah, serta pemberian tugas dari dosen secara bersamaan. Keywords: hambatan, pembelajaran daring, mahasiswa
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 06:43 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 06:43 |
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1236 |
Actions (login required)
View Item |