HIDAYAT, TAUFIK (2019) PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASIWA PADA MATA KULIAH STSTISTIKA DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN ABDIMAS TAHUN 2019. pp. 231-236. ISSN 978-602-53557-5-2
Text
12._Pembelajaran_Problem_B_Cek Plagiasi.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Pembelajaran Problem B.....pdf Download (461kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiwa pada mata kuliah ststistika dasar melalui strategi pembelajaran problem based learning. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester III Tingkat II yang berjumlah 26 mahasiswa pada mata kuliah statistika dasar. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes yang berupa soal dalam bentuk uraian. Tes awal dilakukan sebelum diterapkan strategi pembelajaran problem based learning pada awal pertemuan sebagai pretest dan tes akhir yang dilakukan setelah diterapkan strategi pembelajaran strategi pembelajaran problem based learning sebagai posttest. Sedangkan angket untuk mengetahui minat dan respon mahasiswa terhadap model pembelajaran problem based learning. Hasil yang diperoleh setelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning adalah adanya pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dan minat belajar mahasiswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah statistika dasar. Kata kunci: strategi pembelajaran problem based learning, prestasi belajar, statistika dasar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Muhammad Yusron Afif |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 08:22 |
Last Modified: | 20 Aug 2023 16:34 |
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1270 |
Actions (login required)
View Item |