Pengaruh Faktor Percaya Diri Terhadap Keterampilan Berbicara

WIDOYOKO, RIZA DWI TYAS (2019) Pengaruh Faktor Percaya Diri Terhadap Keterampilan Berbicara. Prakerta, 2 (1). pp. 210-217. ISSN 2654-2962

[img] Text
Pengaruh Faktor Percaya Diri Terhadap Keterampilan Berbicara.pdf

Download (904kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Penelitian dilaksanakan terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kebonagung. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap percaya diri merupakan aspek penting dalam kegiatan berbicara. Rasa percaya diri sebagai faktor untuk mencapai keberhasilan pembelajaran keterampilan berbicara selain penguasaan teknis aspek-aspek bahasa. Terdapat indikator adanya rasa percaya diri siswa yang dapat diamati yaitu (1) percaya pada kemampuan sendiri dan tidak terpengaruh oleh orang lain, (2) bersikap tenang, tidak mudah cemas dan optimis dalam mengerjakan sesuatu, (3) berani mengungkapkan pendapat; (4) berani bertindak dan mengambil setiap kesempatan yang dihadapi, (5) memiliki rasa positif terhadap diri sendiri dan orang lain. Rasa percaya diri dapat memberikan kontribusi terhadap keberhasilan dan efektifitas siswa dalam kegiatan berbicara. Rasa percaya diri yang rendah tentu menjadi penghambat dan menimbulkan berbagai gangguan dalam berbicara baik dari aspek kebahasaan maupun nonkebahasaan. Kata kunci: Percaya Diri, Pembelajaran, Berbicara

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: RIZA DWI TYAS WIDOYOKO
Date Deposited: 26 Sep 2023 01:18
Last Modified: 26 Sep 2023 01:18
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1295

Actions (login required)

View Item View Item