IMPLEMENTASI GOOGLE DOCS SEBAGAI MEDIA KOLABORASI MAHASISWA DALAM AKTIVITAS BERPIKIR KOMPUTASIONAL

SETIARINI, TITIN (2023) IMPLEMENTASI GOOGLE DOCS SEBAGAI MEDIA KOLABORASI MAHASISWA DALAM AKTIVITAS BERPIKIR KOMPUTASIONAL. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
TITIN SETIARINI_PI_AB2023.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB 1_TITIN SETIARINI_PI.pdf

Download (882kB)
[img] Text
BAB 2_TITIN SETIARINI_PI.pdf

Download (954kB)
[img] Text
BAB 3_TITIN SETIARINI_PI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Titin Setiarini. IMPLEMENTASI GOOGLE DOCS SEBAGAI MEDIA KOLABORATIF MAHASISWA DALAM AKTIVITAS BERPIKIR KOMPUTASIONAL DI ERA INDUSTRI 4.0. Skripsi. Program Studi Pendidikan Informatika STKIP PGRI Pacitan 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan dari Google Docs dalam aktivitas berpikir komputasional mahasiswa pada perkuliahan di STKIP PGRI Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Informatika tingkat 2, tingkat 3 dan tingkat 4 di STKIP PGRI Pacitan. Pada penelitian ini teknik analisis datanya menggunakan tes pilihan ganda dan penyebaran angket kuesioner google form. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, tes pilihan ganda, angket kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan penghitungan skor. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa: 1) Penggunaan Google Docs pada kegiatan evaluasi perkuliahan sebagai media dalam aktivitas berpikir komputasional dengan menggunakan tes di Google Docs berjalan dengan baik. Dapat dilihat dari data pengerjaan tes komputasional yang menunjukkan bahwa indikator berpikir komputasional pada aspek Abstraksi, Dekomposisi, Algoritma, dan Pengenalan Pola menunjukkan kriteria pemahaman soal yang cukup baik. Dengan pencapaian persentase kategori tinggi dengan rata-rata perolehan 76,47% dengan skor 70 - 90. 2) Respon mahasiswa terhadap penggunaan Google Docs pada kegiatan evaluasi perkuliahan ditinjau dari hasil kuesioner yang telah diisi berdasarkan kenyataan yang sebenarnya di lapangan dan apa yang mahasiswa rasakan pada kategori tinggi menunjukkan persentase 31,4%; pada kategori sedang 42,9%; dan kategori rendah 25,7%. Respon mahasiswa terhadap penggunaan Google Docs pada kegiatan evaluasi perkuliahan ditinjau dari hasil pengerjaan soal tes yang telah dikemas dalam tes pilihan ganda pada Google Docs menunjukkan kategori keseluruhan tinggi dengan persentase perolehan skor mahasiswa ≥70 adalah 82,22%; ≥60 adalah 70%; ≥50 adalah 52,78%. Kata Kunci: Google Docs, kolaboratif, komputasional. ABSTRACT Titin Setiarini. IMPLEMENTATION OF GOOGLE DOCS AS STUDENT COLLABORATIVE MEDIA IN COMPUTATIONAL THINKING ACTIVITIES IN THE INDUSTRIAL AGE 4.0. Thesis. Informatics Education Study Program STKIP PGRI Pacitan 2023. This study aims to determine the level of effectiveness of Google Docs in students' computational thinking activities in lectures at STKIP PGRI Pacitan. This research was a qualitative descriptive study. The research subjects were students of the Informatics Education study program level 2, level 3 and level 4 at STKIP PGRI Pacitan. The data analysis technique this study used multiple choice tests and the distribution of google form questionnaires. Methods of data collection were obtained from observation, multiple choice tests, questionnaires, interviews and documentation. The data analysis technique used score calculation. The results of the data analysis can be concluded that: 1) the use of Google Docs in lecture evaluation activities as a medium for computational thinking activities using tests on Google Docsis goingt well. It can be seen from the computational test performance data showed that computational thinking indicators in the aspects of Abstraction, Decomposition, Algorithm, and Pattern Recognition showed fairly good criteria for understanding the questions. By achieving a high percentage category with an average acquisition of 76.47% with a score of 70 - 90. 2) student responses to the use of Google Docs in lecture evaluation activities are viewed from the results of the questionnaire that has been filled out based on the actual reality in the field what students feel in the high category that shows a percentage of 31.4%; in the moderate category 42.9%; and low category 25.7%. Student responses to the use of Google Docs in lecture evaluation activities terms the results of the work on the test questions that have been packaged in multiple choice tests on Google Docs showed that the overall category is high with the percentage of student scores ≥70 being 82.22%; ≥60 is 70%; ≥50 is 52.78%. Keywords : Google Docs, collaborative, computational.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPRASTYO, TIKA DEDYyusr13l@gmail.com
UNSPECIFIEDPRIHANTARA, ADITYAadityaprihantara@gmail.com
UNSPECIFIEDPRASTYO, TIKA DEDYyusr13l@gmail.com
UNSPECIFIEDRAHAYU, DWIdwirahayu6537@gmail.com
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pendidikan Informatika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 15 Jan 2024 01:08
Last Modified: 03 Feb 2024 15:10
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1437

Actions (login required)

View Item View Item