Hubungan Karakter Disiplin dan Resiliensi Matematis dengan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020

RAHAYU, YUNIA TRI WIDYA (2020) Hubungan Karakter Disiplin dan Resiliensi Matematis dengan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
Yunia Tri Widya Rahayu_PM_AB2020.pdf

Download (135kB)
[img] Text
YUNIA TRI WIDYA RAHAYU_PM_AR2020.pdf

Download (322kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hubungan yang signifikan karakter disiplin dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika, 2) hubungan yang signifikan resiliensi matematis dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika dan 3) hubungan signifikan karakter disiplin dan resiliensi matematis dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Tujuan penelitian korelasional adalah untuk mengetahui tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih, tanpa melakukan perubahan, tambahan, atau manipulasi terhadap data yang memang sudah ada. Variabel pada penelitian ini adalah karakter disiplin, resiliensi matematis dan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negreri 1 Pacitan. Karena adanya pandemi Covid-19 sampel yang digunakan pada penelitian in adalah adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 pacitan sebanyak 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket karakter disiplin dan resiliensi matematis serta tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis korelasi sederhana dan korelasi berganda. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa: 1) terdapat hubungan yang signifikan antara karakter disiplin dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, 2) terdapat hubungan yang signifikan antara resiliensi matematis dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan 3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara karakter disiplin dan resiliensi matematis secara bersama-sama dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDQUDSIYAH, KHOIRULchoeeroel@gmail.com
UNSPECIFIEDAPRIYANI, DWI CAHYANI NURyaa_latiif@yahoo.com
UNSPECIFIEDSUSANTO, HARI PURNOMOUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDQUDSIYAH, KHOIRULchoeeroel@gmail.com
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 22 Aug 2020 14:44
Last Modified: 28 Sep 2020 03:25
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/151

Actions (login required)

View Item View Item