PENGEMBANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS IV

NINGTYAS, ARDINA FITRIA and TISNGATI, URIP and ARDHYANTAMA, VIT (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS IV. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
ARDINA FITRIA NINGTIYAS_PGSD_AB2023.pdf

Download (230kB)
[img] Text
ARDINA FITRIA NINGTIYAS_PGSD_AR2023.pdf

Download (476kB)
[img] Text
ARDINA FITRIA NINGTIYAS_BAB 1_PGSD2023.pdf

Download (247kB)
[img] Text
ARDINA FITRIA NINGTIYAS_BAB 2_PGSD2023.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ARDINA FITRIA NINGTIYAS_BAB 3_PGSD2023.pdf

Download (580kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berupa game edukasi multiplatform pada materi operasi bilangan pecahan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV serta untuk mendiskripsikan: (1) proses pengembangan game edukasi sebagai media pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV; (2) kelayakan game edukasi sebagai media pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV; (3) tingkat pemahaman siswa setelah menggunakan game edukasi multiplatfrom pembelajaran matematika kelas IV. Media pembelajaran game edukasi multiplatform dikembangkan menggunakan software construct 3 yang mengacu pada model pengembangan atau Research & Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall modifikasi Sugiyono. Langkah yang telah ditempuh meliputi (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba pemakaian; (7) revisi produk. Subjek uji coba produk yaitu pada kelas IV SD Negeri IV Losari sebanyak 10 siswa. Kelayakan produk mengacu pada hasil penilaian ahli media, ahli materi serta respon guru dan siswa. Keefektifan produk mengacu pada hasil pre-test dan post-test subjek uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes tulis, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu Teknik tingkat kevalidan produk, analisis data angket respon, dan analisis data uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi multiplatform yang berjudul “Fun Math Proficient”: (1) media pembelajaran game edukasi multiplatform untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV telah dikembangkan dengan model pengembangan Borg & Gall modifikasi Sugiyono; (2) media game edukasi multiplatform dinyatakan “Sangat Valid” oleh ahli media dengan nilai rata-rata sebesar 4,53 dan oleh ahli materi dengan rata-rata sebesar 5, serta perolehan hasil angket respon guru sebesar 100% dan hasil angket respon siswa sebesar 99,23% dengan kategori “Sangat Baik”; (3) media game edukasi multiplatform dinyatakan efektif dengan rata-rata N-Gain Score sebesar 0,8 dan presentase N-Gain Score menunjukkan angka 80,8%. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Game Edukasi Multiplatform, Operasi Bilangan Pecahan

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDTISNGATI, URIPuriptisngati@gmail.com
UNSPECIFIEDARDHYANTAMA, VITvit.10276@gmail.com
UNSPECIFIEDTISNGATI, URIPuriptisngati@gmail.com
UNSPECIFIEDSETYOWATI, ERNAern45etyawati@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 08 Feb 2024 10:03
Last Modified: 08 Feb 2024 10:03
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1514

Actions (login required)

View Item View Item