PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING BY GAMES DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 4 SEMPU TAHUN PELAJARAN 2022/2023

PURBIYANTI, ARNUM and MUSTOFA, ARIF and SURYATIN, SURYATIN (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING BY GAMES DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 4 SEMPU TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
ARNUM PURBIYANTI_PGSD AB2023.pdf

Download (122kB)
[img] Text
ARNUM PURBIYANTI_PGSD_AR2023.pdf

Download (240kB)
[img] Text
ARNUM PURBIYANTI_BAB 1_PGSD2023.pdf

Download (182kB)
[img] Text
ARNUM PURBIYANTI_BAB 2_PGSD2023.pdf

Download (253kB)
[img] Text
ARNUM PURBIYANTI_BAB 3_PGSD2023.pdf

Download (881kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan penggunaan model pembelajaran learning by games dalam pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi pada siswa kelas V di SD Negeri 4 Sempu Tahun Pelajaran 2022/2023; (2) mengetahui hasil penggunaan model pembelajaran learning by games dalam pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi pada siswa kelas V di SD Negeri 4 Sempu Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 4 Sempu. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran learning by games dalam pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi pada siswa kelas V di SD Negeri 4 Sempu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran learning by gamesdalam pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi pada siswa kelas V di SD Negeri 4 Sempu berjalan dengan baik. Proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran learning by games diawali dengan penyampaian materi menggunakan role playing dan diakhiri dengan pemahaman siswa menggunakan Teka-teki Silang. Penggunaan model pembelajaran learning by games menjadikan suasana pembelajaran menjadi lebih hidup, adanya peningkatan motivasi belajar pada siswa, dan penggunaan model pembelajaran learning by games menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif. Kata Kunci: Pembelajaran IPS SD, Model Pembelajaran, Learning by Games

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMUSTOFA, ARIFmustofarif99@yahoo.com
UNSPECIFIEDSURYATIN, SURYATINsuryanisa733@gmail.com
UNSPECIFIEDMUSTOFA, ARIFmustofarif99@yahoo.com
UNSPECIFIEDWIDOYOKO, RIZA DWI TYASrizadtw10@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 08 Feb 2024 10:22
Last Modified: 08 Feb 2024 10:22
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1516

Actions (login required)

View Item View Item