NINGRUM, DEA SEPTYA and SUGIYONO, SUGIYONO and SURYATIN, SURYATIN (2024) ANALISIS DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GEGERAN. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.
Text
DEA SEPTYA NINGRUM_BAB 1_PGSD2023.pdf Download (160kB) |
|
Text
DEA SEPTYA NINGRUM_BAB 2_PGSD2023.pdf Download (225kB) |
|
Text
DEA SEPTYA NINGRUM_BAB 3_PGSD2023.pdf Download (133kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak game online terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gegeran dan untuk mengetahui kecenderungan game online yang dilakukan oleh siswa kelas V SD Negeri Gegeran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Gegeran, guru dan orang tua. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak bermain game online ini adalah siswa tidak dapat mengatur kontrol sistem belajar, siswa melalaikan tugas sekolah, siswa terlambat menyelesaikan tugas sekolah, dan berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Sedangkan kecenderungan kecanduan game online yang dilakukan siswa kelas V yaitu dapat dilihat dari karakteristik siswa, diantaranya selalu membicarakan perihal game online secara terus menerus, malas dalam belajar, dan susah fokus pada pada saat penjelasaan materi. Kata Kunci: Dampak, Game Online, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||||||||
Depositing User: | Muhammad Yusron Afif | |||||||||||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2024 14:33 | |||||||||||||||
Last Modified: | 08 Feb 2024 14:33 | |||||||||||||||
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1520 |
Actions (login required)
View Item |