PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA AKALIMATIKA UNTUK MEMPERKUAT KONSEP PERKALIAN SISWA KELAS II SDN 2 HADIWARNO

FREIDA, FETTY and SURYATIN, SURYATIN and AL FATH, AYATULLAH MUHAMMADIN (2024) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA AKALIMATIKA UNTUK MEMPERKUAT KONSEP PERKALIAN SISWA KELAS II SDN 2 HADIWARNO. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
FETTY FREIDA_PGSD_AB2023.pdf

Download (111kB)
[img] Text
FETTY FREIDA_BAB 1_PGSD2023.pdf

Download (189kB)
[img] Text
FETTY FREIDA_BAB 2_PGSD2023.pdf

Download (262kB)
[img] Text
FETTY FREIDA_BAB 3_PGSD2023.pdf

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan media akalimatika; 2) mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan media akalimatika dapat memperkuat konsep perkalian siswa kelas II di SDN 2 Hadiwarno. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SDN 2 Hadiwarno. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan media akalimatika meliputi penyampaian petunjuk penggunaan media akalimatika, penjelasan konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang, dan pemberian kesempatan siswa mengoperasikan media akalimatika. Proses belajar mengajar terjadi secara dua arah antara guru dan siswa. 2) pembelajaran matematika menggunakan media akalimatika dapat memperkuat pemahaman konsep perkalian siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai siswa di atas 70 melampaui batas KKM. Semua siswa telah memenuhi indikator pemahaman konsep matematis yang meliputi menterjemahkan gambar dalam bentuk angka dan menuliskan dalam bentuk perkalian, memberikan pernyataan dan menjelaskan konsep perkalian dengan benar, serta memberi pernyataan benar atau salah sesuai konsep perkalian. Sedangkan dua siswa pada indikator menyatakan ulang konsep perkalian masih perlu bimbingan. Kata kunci: Media pembelajaran, Media akalimatika, Konsep perkalian

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSURYATIN, SURYATINsuryanisa733@gmail.com
UNSPECIFIEDAL FATH, AYATULLAH MUHAMMADINayt@stkippacitan.ac.id
UNSPECIFIEDSURYATIN, SURYATINsuryanisa733@gmail.com
UNSPECIFIEDSUGIYONO, SUGIYONOsugiyonopacitan@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 10 Feb 2024 08:01
Last Modified: 10 Feb 2024 08:01
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1528

Actions (login required)

View Item View Item