PEMBIASAAN SANTUN BERBAHASA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER BAGI SISWA DI SDN SENDANG I KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN PACITAN

WIBAWA, GANDUNG ADHI and AL FATH, AYATULLAH MUHAMMADIN and SURYATIN, SURYATIN (2024) PEMBIASAAN SANTUN BERBAHASA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER BAGI SISWA DI SDN SENDANG I KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN PACITAN. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
GANDUNG ADHI WIBAWA_PGSD_AB2023.pdf

Download (319kB)
[img] Text
GANDUNG ADHI WIBAWA_PGSD_AR2023.pdf

Download (269kB)
[img] Text
GANDUNG ADHI WIBAWA_BAB 1_PGSD2023.pdf

Download (162kB)
[img] Text
GANDUNG ADHI WIBAWA_BAB 2_PGSD2023.pdf

Download (193kB)
[img] Text
GANDUNG ADHI WIBAWA_BAB 3_PGSD2023.pdf

Download (176kB)

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat penting dalam pembelajaran di sekolah. Penggunaan bahasa untuk bersosialisasi tidak terlepas dari faktor-faktor penentu tindak komunikasi serta prinsip-prinsip kesantunan dan direalisasikan dalam tindak komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan pembiasaan santun berbahasa bagi siswa di SDN Sendang I Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan. (2) Manfaat pendidikan karakter dalam menumbuhkan kesantunan berbahasa bagi siswa di SDN Sendang I Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 Kepala sekolah 2 guru kelas dan seluruh siswa kelas V di SDN Sendang 1. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) Pembiasaan santun berbahasa dalam menumbuhkan karakter siswa sangat penting dalam konteks pendidikan, karena mencerminkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan sopan, menghormati orang lain, dan memperhatikan etika serta norma yang berlaku.(2) Santun berbahasa memiliki pengaruh positif dalam pembentukan karakter siswa, seperti pengembangan sikap menghargai, empati, komunikasi yang jelas dan lugas, serta kemampuan mendengarkan dan menerima perbedaan. Santun berbahasa juga berdampak positif pada prestasi akademik siswa, karena membantu siswa dalam memahami materi pelajaran, berpartisipasi dalam diskusi, dan berkomunikasi dengan baik. Pembiasaan santun berbahasa tidak hanya berperan dalam lingkungan sekolah, tetapi juga membantu siswa dalam mengembangkan karakter sosial dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat Kata kunci:Pembiasaan, Santun berbahasa, Karakter, Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDAL FATH, AYATULLAH MUHAMMADINayt@stkippacitan.ac.id
UNSPECIFIEDSURYATIN, SURYATINsuryanisa733@gmail.com
UNSPECIFIEDAL FATH, AYATULLAH MUHAMMADINayt@stkippacitan.ac.id
UNSPECIFIEDKHALAWI, HASANhasankhalawi@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 10 Feb 2024 08:47
Last Modified: 10 Feb 2024 08:47
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1530

Actions (login required)

View Item View Item