ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

FINUNDI, LUHUR and ARDHYANTAMA, VIT and WIDOYOKO, RIZA DWI TYAS (2024) ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
LUHUR FINUNDI_PGSD_AB2023.pdf

Download (111kB)
[img] Text
LUHUR FINUNDI_BAB 1_PGSD2023.pdf

Download (161kB)
[img] Text
LUHUR FINUNDI_BAB 2_PGSD2023.pdf

Download (270kB)
[img] Text
LUHUR FINUNDI_BAB 3_PGSD2023.pdf

Download (166kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) gaya belajar yang dominan digunakan masing-masing siswa berprestasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SD Negeri 1 Mantren 2) faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa berprestasi 3) pengaruh gaya belajar terhadap prestasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan 5 siswa berprestasi kelas IV di SD Negeri 1 Mantren. Teknik dan instrumen pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisa data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang di peroleh dalam penelitian ini yaitu: 1) gaya belajar yang dominan digunakan oleh masing-masing siswa berprestasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SD Negeri Mantren yaitu sebanyak 2 siswa berinisial AN dan ZD dominan ke gaya belajar visual, sebanyak 2 siswa berinisial RC dan LA dominan ke gaya belajar audiotory dan 1 siswa berinisial MJ dominan ke gaya belajar kinestetik 2) faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa yaitu faktor internal meliputi kondisi fisik dan sosiologis siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan belajar, dukungan sosial, metode pengajaran, dan sumber belajar yang tersedia 3) pengaruh gaya belajar terhadap prestasi siswa yaitu dapat membantu siswa untuk lebih efektif menyerap dan memahami materi pelajaran dengan cara yang sesuai dengan preferensi siswa. Meskipun terdapat beragam gaya belajar tidak akan menjadi permasalahan terhadap prestasi siswa karena semua gaya belajar sama. Kata kunci: Gaya belajar, Berprestasi, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDARDHIYANTAMA, VITvit.10276@gmail.com
UNSPECIFIEDWIDOYOKO, RIZA DWI TYASrizadtw10@gmail.com
UNSPECIFIEDARDHIYANTAMA, VITvit.10276@gmail.com
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAmega86@stkippacitan.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 10 Feb 2024 09:26
Last Modified: 10 Feb 2024 09:26
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1536

Actions (login required)

View Item View Item