PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR POSTER SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK PERKEMBANGAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN NGADIREJAN TAHUN AJARAN 2022/2023

FIRLANI, RISKA ILMA and ERVIANA, LINA and AL FATH, AYATULLAH MUHAMMADIN (2024) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR POSTER SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK PERKEMBANGAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN NGADIREJAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
RISKA ILMA FIRLANI_PGSD_AB2023.pdf

Download (112kB)
[img] Text
RISKA ILMA FIRLANI_PGSD_AR2023.pdf

Download (436kB)
[img] Text
RISKA ILMA FIRLANI_BAB 1_PGSD2023.pdf

Download (141kB)
[img] Text
RISKA ILMA FIRLANI_BAB 2_PGSD2023.pdf

Download (186kB)
[img] Text
RISKA ILMA FIRLANI_BAB 3_PGSD2023.pdf

Download (235kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apakah dengan menggunakan media gambar poster dapat membangun perkembangan psikomotorik siswa kelas V SDN Ngadirejan, (2) untuk mengetahui bagaimana hasil penggunaan media gambar poster sebagai alternatif untuk perkembangan psikomotorik siswa kelas V SDN Ngadirejan, (3) untuk mengetahui bagaimana perkembangan psikomotorik siswa kelas V SDN Ngadirejan dengan menggunakan media gambar poster. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian adalah guru kelas dan siswa kelas V sedangkan objek penelitiannya adalah penggunaan media gambar poster untuk mengembangkan psikomotorik siswa. Tempat penelitian di ruang kelas V SDN Ngadirejan dengan jumah 30 siswa yang terdiri dari satu kelas. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN Ngadirejan dengan 1 guru dan 5 siswa partisipan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat menjadi alernatif untuk mengembangkan psikomotorik anak. Hal tersebut dapat dilihat dari skor yang diperoleh yaiu 4,85 yang termasuk kategori sangat baik.. Media gambar poster untuk mengembangkan psikomotorik disimpulkan mendapatkan respon yang baik. Proses pembelajaran yang baik dapat didukung dengan penggunaan media gambar sebagai penunjang keterampilan siswa dalam proses pembelajaran. Hambatan yang paling utama adalah kurang sarana dan prasarana dan tidak bisa disiapkan secara mendadak serta pembelajaran kurang kondusif karena dalam kelompok besar. Temuan dalam penelitian ini adalah media gambar dapat digunakan sebagai alternatif untuk perkembangan psikomotorik siswa. Kata Kunci: Media Gambar, Pembelajaran, Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDERVIANA, LINAlinaerviana27@gmail.com
UNSPECIFIEDAL FATH, AYATULLAH MUHAMMADINayt@stkippacitan.ac.id
UNSPECIFIEDERVIANA, LINAlinaerviana27@gmail.com
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAmega86@stkippacitan.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 10 Feb 2024 23:30
Last Modified: 10 Feb 2024 23:30
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1557

Actions (login required)

View Item View Item