KETERAMPILAN MENULIS PADA MATERI PEMBELAJARAN AKSARA JAWA UNTUK MENUMBUHKAN KREATIVITAS SISWA KELAS III SDN BANGUNSARI

NINGRUM, VIGA MALIKA and ERVIANA, LINA and AL FATH, AYATULLAH MUHAMMADIN (2024) KETERAMPILAN MENULIS PADA MATERI PEMBELAJARAN AKSARA JAWA UNTUK MENUMBUHKAN KREATIVITAS SISWA KELAS III SDN BANGUNSARI. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
VIGA MALIKA NINGRUM_PGSD_AB2023.pdf

Download (111kB)
[img] Text
VIGA MALIKA NINGRUM_PGSD_AR2023.pdf

Download (427kB)
[img] Text
VIGA MALIKA NINGRUM_BAB 1_PGSD2023.pdf

Download (136kB)
[img] Text
VIGA MALIKA NINGRUM_BAB 2_PGSD2023.pdf

Download (294kB)
[img] Text
VIGA MALIKA NINGRUM_BAB 3_PGSD2023.pdf

Download (218kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan keterampilan menulis yang dimiliki siswa kelas III SDN Bangunsari pada materi pembelajaran aksara Jawa; (2) mengetahui beberapa upaya yang dilakukan untuk menumbuhkan kreativitas siswa dalam menulis aksara Jawa. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Kualitatif deskriptif adalah penelitian yang digunakan pada tempat penelitian yang alamiah dimana peneliti sebagai instrumen kunci. Subjek atau sumber data penelitian yang digunakan adalah guru kelas dan 10 siswa kelas III yang diambil sampel dari 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan tes. Tes yang digunakan yaitu tes pada keterampilan menulis aksara Jawa. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa: 1) Kemampuan keterampilan menulis Aksara Jawa pada siswa kelas III yaitu siswa sudah mampu dan terampil menulis aksara Jawa dengan tepat, terampil dalam menuliskan perbedaan bentuk huruf aksara Jawa yang hampir mirip dan siswa juga terampil dalam menulis aksara Jawa dengan sangat rapi dan teliti; 2) Upaya yang dilakukan untuk menumbuhkan kreativitas siswa dalam menulis aksara Jawa ini adalah tekun, memberikan metode drill atau latihan, memberikan apresiasi pada setiap hasil tulisan yang dikerjakan siswa, upaya yang terakhir yaitu menciptakan strategi pembelajaran yang lebih berinovasi dan kreatif, sehingga dapat membuat siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan. Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Aksara Jawa, Kreativitas.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDERVIANA, LINAlinaerviana27@gmail.com
UNSPECIFIEDAL FATH, AYATULLAH MUHAMMADINayt@stkippacitan.ac.id
UNSPECIFIEDERVIANA, LINAlinaerviana27@gmail.com
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAmega86@stkippacitan.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 11 Feb 2024 10:41
Last Modified: 11 Feb 2024 10:41
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1567

Actions (login required)

View Item View Item