ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PROGRAM KARAWITAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 JETAK

AKBAR, YASIN MUHAMMAD and BURHANUDDIN, AFID and PURNAMASARI, MEGA ISVANDIANA (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PROGRAM KARAWITAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 JETAK. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
YASIN MUHAMMAD AKBAR_PGSD_AB2023.pdf

Download (111kB)
[img] Text
YASIN MUHAMMAD AKBAR_PGSD_AR2023.pdf

Download (262kB)
[img] Text
YASIN MUHAMMAD AKBAR_BAB 1_PGSD2023.pdf

Download (101kB)
[img] Text
YASIN MUHAMMAD AKBAR_BAB 2_PGSD2023.pdf

Download (246kB)
[img] Text
YASIN MUHAMMAD AKBAR_BAB 3_PGSD2023.pdf

Download (322kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui kegiatan karawitan di SD Negeri 2 Jetak; 2) Untuk mengetahui implementasi pendekatan saintifik dalam program kegiatan karawitan di SD Negeri 2 Jetak; 3) Untuk mengetahui dampak yang di timbulkan program kegiatan karawitan di SD Negeri 2 Jetak terhadap kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Jenis penelitian yang di gunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan yang di gunakan adalah studi kasus yang termasuk dalam penelitian analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pelatih kesenian karawitan, guru wali kelas 2, 3, 4, 5, dan siswa dari kelas 2, 3, 4, 5. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan peneliti sebagai instrumen kunci. Keabsahan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi sebagai uji kredibilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kegiatan ekstrakulikuler karawitan di SD Negeri 2 Jetak di laksanakan secara rutin setiap 2 hari dalam satu minggu, yaitu pada hari Rabu dan Sabtu pada pukul 13.00 hingga pukul 16.00. Jadwal latihan akan di tambah seiring dengan kebutuhannya. ; 2) Pendekatan saintifik dalam kesenian karawitan di terapkan secara bertahap, di mana di setiap tahapnya di terapkan di setiap pertemuan. Metode pendekatan saintifik ini, di lakukan hanya pada tahap awal siswa di perkenalkan dengan kesenian karawitan, dan selebihnya hanya di lakukan pengembangan dan pendalaman, serta penguasaan dalam memainkan alat musik karawitan; 3) Kebiasaan yang di lakukan selama mengikuti karawitan secara tidak langsung mampu membentuk karakter siswa yang memiliki sikap menghormati, sikap disiplin, dan mental siswa yang lebih siap dalam menghadapi segala hal. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Karawitan, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDafidburhanuddin@gmail.com
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAmega86@stkippacitan.ac.id
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDafidburhanuddin@gmail.com
UNSPECIFIEDERVIANA, LINAlinaerviana27@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 11 Feb 2024 11:04
Last Modified: 11 Feb 2024 11:04
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1571

Actions (login required)

View Item View Item