ANALISIS KESALAHAN SISWA SMK KELAS X DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA

FIRNIAWAN, ERVAN BAYU and SUSANTO, HARI PURNOMO and MULYADI, MULYADI (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA SMK KELAS X DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
ERVAN BAYU FIRNIAWAN_PM_AB2023.pdf

Download (166kB)
[img] Text
ERVAN BAYU FIRNIAWAN_PM_AR2023.pdf

Download (449kB)
[img] Text
ERVAN BAYU FIRNIAWAN_BAB 1_PM2023.pdf

Download (795kB)
[img] Text
ERVAN BAYU FIRNIAWAN_BAB 2_PM2023.pdf

Download (994kB)
[img] Text
ERVAN BAYU FIRNIAWAN_BAB 3_PM2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah pada soal literasi matematika dan menentukan penyebab kesalahan siswa dalam konsep materi soal literasi matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Nawangan, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan dengan pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar soal tes, pedoman penskoran, dan pedoman wawancara menggunakan indikator Newmans’ Error Analyze. Subyek penelitian yaitu siswa kelas X Teknik Otomotif II SMKN 1 Nawangan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik yaitu teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan teknik deskriptif naratif dengan model teori Miles and Hubberman Hasil analisis data menyimpulkan bahwa 1) Kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan sola literasi matematika materi barisan dan deret yaitu kesalahan membaca tidak ditemukan kesalahan, kesalahan pemahaman yaitu sebanyak 65 kesalahan, kesalahan transformasi yaitu sebanyak 52 kesalahan, kesalahan keterampilan proses yaitu sebanyak 55 kesalahan, dan kesalahan encoding yaitu sebanyak 88 kesalahan; 2) Faktor penyebab kesalahan pemahaman yaitu kurangnya penguasaan bahasa dan menuliskan yang diketahui dan ditanyakan dengan menyalin langsung dari soal, kesalahan transformasi yaitu ketidakbiasaan siswa dalam menuliskan cara yang digunakan untuk menyelesaikan soal dan ketidakpahaman siswa tentang konsep penulisan simbol, kesalahan keterampilan proses yaitu minat belajar siswa yang kurang, ketidaktelitian siswa, dan ketidakpahaman siswa dalam mengoperasikan perhitungan, dan pada kesalahan encoding yaitu siswa yang tidak teliti dan tidak terbiasa menuliskan kesimpulan dari hasil dan satuan angka pada hasil yang diperoleh. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Newmans’ Error Analyze

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSUSANTO, HARI PURNOMOharipurnomosusanto@gmail.com
UNSPECIFIEDMULYADI, MULYADImulyadipacitan@gmail.com
UNSPECIFIEDSUSANTO, HARI PURNOMOharipurnomosusanto@gmail.com
UNSPECIFIEDQUDSIYAH, KHOIRULazril.dito@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:24
Last Modified: 12 Feb 2024 02:24
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1580

Actions (login required)

View Item View Item