PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS DAN HABITS OF MIND TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI KEBONAGUNG

DEFI, LATIFAH KUMALLA (2024) PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS DAN HABITS OF MIND TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI KEBONAGUNG. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
LATIFAH KUMALLA DEFI_PM_AB2023.pdf

Download (116kB)
[img] Text
LATIFAH KUMALLA DEFI_BAB 1_PM2023.pdf

Download (172kB)
[img] Text
LATIFAH KUMALLA DEFI_BAB 2_PM2023.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LATIFAH KUMALLA DEFI_BAB 3_PM2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Apakah terdapat pengaruh antara disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika, 2) Apakah terdapat pengaruh antara stres akademik terhadap hasil belajar matematika, 3) Apakah terdapat pengaruh antara habits of mind terhadap hasil belajar matematika, 4) Apakah terdapat pengaruh antara disposisi matematis dan stres akademik terhadap hasil belajar matematika, 5) Apakah terdapat pengaruh antara disposisi matematis dan habits of mind terhadap hasil belajar matematika, 6) Apakah terdapat pengaruh antara stres akademik dan habits of mind terhadap hasil belajar matematika, 7) Apakah terdapat pengaruh antara disposisi matematis, stres akademik dan habits of mind terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri Kebonangung tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 72 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket disposisi matematis, angket stres akademik dan angket habits of mind serta tes hasil belajar matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 16.0 for windows metode enter. Prasyarat analisis menggunakan uji normalitas residual, uji multikolonieritas dan uji heterokedastisitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika sebesar 13,2%, 2) Terdapat pengaruh antara stres akademik terhadap hasil belajar matematika sebesar 15,1%, 3) Terdapat pengaruh antara habits of mind terhadap hasil belajar matematika sebesar 10,1%, 4) Terdapat pengaruh antara disposisi matematis dan stres akademik terhadap hasil belajar matematika sebesar 26,8%, 5) Terdapat pengaruh antara disposisi matematis dan habits of mind terhadap hasil belajar matematika sebesar 19,9%, 6) Terdapat pengaruh antara stres akademik dan habits of mind terhadap hasil belajar matematika sebesar 15,9%, 7) terdapat pengaruh antara disposisi matematis, stres akademik dan habits of mind terhadap hasil belajar matematika sebesar 28%. Kata Kunci: Disposisi Matematis, Stres Akademik, Habits of Mind, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMEIFIANI, NELY INDRAindrameifiani@yahoo.co.id
UNSPECIFIEDAPRIYANI, DWI CAHYANI NURyaa_latiif@yahoo.com
UNSPECIFIEDMEIFIANI, NELY INDRAindrameifiani@yahoo.co.id
UNSPECIFIEDSUSANTO, HARI PURNOMOharipurnomosusanto@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:47
Last Modified: 22 Feb 2024 03:53
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1583

Actions (login required)

View Item View Item