PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

SALAMAH, EVI RIZQI and RIFAYANTI, ZUNI EKA TIYAS and TRISNAWATY, WULAN (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN DASAR, 11 (1). pp. 18-31. ISSN 2354-9580

[img] Text
Cek Plagiasi The Effect of Cooperative.pdf

Download (1MB)

Abstract

Motivasi yang kuat dapat memiliki dampak positif pada prestasi belajar dan pencapaian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak pembelajaran kooperatif terhadap motivasi belajar siswa keklas IV di Mojokerto yang berjumlah 72 orang siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan Comparison-Group Design. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa yang lebih tinggi secara signifikan pada siswa kelompok eksperimen dibandingkan pada kelompok kontrol. Pembelajaran kooperatif diterapkan untuk kelompok eksperimen, sedangkan pengajaran berbasis ceramah digunakan dalam kelompok kelompok kontrol. Implikasi terhadap inovasi dalam metode pengajaran dan seterusnya penelitian disarankan untuk lebih mempopulerkan pembelajaran kooperatif untuk hasil belajar yang lebih baik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 26 Feb 2024 06:48
Last Modified: 26 Feb 2024 06:48
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1593

Actions (login required)

View Item View Item