QUARTET CARD GAME: IMPROVING STUDENTS' WRITING SKILL IN DESCRIPTIVE TEXT

PUSPITASARI, INDAH and KURNIAWAN, AGUNG BUDI (2017) QUARTET CARD GAME: IMPROVING STUDENTS' WRITING SKILL IN DESCRIPTIVE TEXT. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN ABDIMAS. LPPM STKIP PGRI PACITAN, PACITAN, pp. 143-148. ISBN 978-602-50110-3-0

[img] Text
8. PROSIDING SEMNAS 2017_Cut.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Quartet Card Game mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam teks deskriptif. Bermain Quartet Card Game adalah salah satu kegiatan menyenangkan yang dilakukan beberapa orang di waktu senggang. Dengan mengadaptasi aktivitas santai yang menyenangkan ini ke dalam kelas dan menjadikannya sebagai teknik mengajar, tentunya akan mewarnai proses belajar mengajar. Populasi penelitian adalah siswa kelas 1 TPHP di SMKN Pringkuku pada tahun ajaran 2016/2017. Sampel adalah 20 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik populasi tunggal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pra-eksperimental, yaitu one group pre-test post-test design. Data dikumpulkan melalui tes writing deskriptive text. Pada uji prasyarat, hasil normalitas adalah 0.126 untuk pre-test dan 0.155 untuk post test, yaitu Lt = 0,199 pada tingkat signifikansi α = 0,05. Sedangkan, pada hasil homogenitas menunjukkan bahwa nilai observasi chi-square adalah 0,675 sedangkan nilai tabel chi-square pada tingkat signifikansi α = 0,05 adalah 3,841. Hasil uji t sampel menunjukkan bahwa perbedaan rata-rata antara pre-test dan post-test siswa adalah 4,80, dengan nilai signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengajaran menulis deskriptif dengan menggunakan Quartet Card Game memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai writing siswa. Keywords: quartet card game, kemampuan menulis, teks deskriptif

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 18 Jun 2024 05:22
Last Modified: 18 Jun 2024 05:22
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1644

Actions (login required)

View Item View Item