PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SEKOLAH DASAR

QORIMAH, ESTI NUR and KHOTIMAH, NUR (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SEKOLAH DASAR. Proximal : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 7 (1). pp. 467-474. ISSN 2615-8132

[img] Text
Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction-2-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi pada permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pemecahan masalah merupakan kemampuan yang penting dimiliki oleh siswa dalam menyelesaikan setiap persoalan baik di sekolah . maupun kehidupan sehari-hari. Sebagai alternatif dari permasalahan tersebut, dilakukan penelitian dengan penerapan model pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam pembelajaran matematika. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IV SDN 03 Widoro di Wonogiri berjumlah 86 siswa. Sampel dipilih berdasarkan teknik purposive sampling, dan diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian yakni kelas IV A berjumlah 38 orang dan IV B berjumlah 37 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil analisis secara statistic menggungakan uji N-Gain diperoleh t hitung sebesar 2.215 lebih besar dari t tabel artinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Posing lebih baik dari model pembelajaran Direct Instruction, Penelitian ini dapat dijadikan pedoman untuk riset selanjutnya dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa sekolah dasar dengan menggunakan berbagai model pembelajaran. Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis, Problem posing, Direct instruction.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:19
Last Modified: 22 Jul 2024 07:19
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1647

Actions (login required)

View Item View Item