Pengaruh Intensitas Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Donorojo

ISTIANDARI, ENJANG (2020) Pengaruh Intensitas Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Donorojo. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
ENJANG ISTIANDARI_PM_AB2020.pdf

Download (132kB)
[img] Text
ENJANG ISTIANDARI_PM_AR2020.pdf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh intensitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; 2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; 3) Pengaruh intensitas belajar dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 2 SMK Negeri 2 Donorojo tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 17 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinearitas, dan uji linearitas. Teknik analisis data dilakukan dengan Analisis Regresi Linear Sederhana dan Berganda menggunakan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; 2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; 3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas belajar dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. This study aims to determine; 1) The effect of learning intensity towards the ability to solve mathematical problems; 2) The effect of learning independence towards mathematical problem solving ability; 3) The effect of learning intensity and independence towards the ability to solve mathematical problems. This type of research is ex post de facto research using a quantitative approach. The sample in this study were students of class X TKJ 2 in SMKN 2 Donorojo in the academic year of 2019/2020, as many as 17 students. Data collection techniques are carried out using questionnaires and tests. The prerequisite of the analysis is using the normality test, the autocorrelation test, the multicollinearity test, the heteroscedasticity test, and the linearity test. Data analysis techniques were performed by applying simple and multiple linear regression analysis in SPSS 16.0 for windows. The results of this study indicate that; 1) There is no significant effect between the intensity of learning towards student ability to solve mathematical problems; 2) There is no significant effect between learning independence to their ability to solve mathematical problems; 3) There is no significant effect between learning intensity and learning independence towards students ability to solve mathematical problems.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMULYADI, MULYADImulyadipacitan@gmail.com
UNSPECIFIEDMEIFIANI, NELY INDRAindrameifiani@yahoo.com
UNSPECIFIEDQUDSIYAH, KHOIRULUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMULYADI, MULYADImulyadipacitan@gmail.com
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 23 Aug 2020 04:25
Last Modified: 05 Oct 2020 04:26
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item View Item