IRIYANTI, SRI (2025) PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III SD TENTANG PENGENALAN TRANSPORTASI. STKIP PGRI PACITAN, PACITAN.
![]() |
Text
Sri Iriyanti-Artikel.pdf Download (164kB) |
Abstract
Pembelajaran PKn yang selama ini dilaksanakan di Sekolah Dasar terkesan monoton sehingga siswa kurang aktif selama kegiatan berlangsung. Oleh sebab itu diperlukan penerpaan model atau metode yang tepat untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh dari penerapan penerapan model pembelajaran picture and picture dalam peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas III SD tentang pengenalan transportasi . Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes untuk memperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn tentang pengenalan transportasi yang kemudian dianalisis untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa mulai dari prasiklus, siklus I dan siklus II. Hasil analaisis menghasilkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajarn PKn tentang pengenalan transportasi yang ditandai dengan adanya kenaikan jumlah nilai rata- rata hasil belajar mulai dari prasiklus, siklus I dan siklus II yang masing-masing memperoleh nilai 49, 55 dan 92. Sehingga penerapan model picture and picture terbukti meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn tentang pengenalan transportasi. Kata Kunci : penerapan, picture and picture, hasil belajar, pengenalan transportasi
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 06:59 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 06:59 |
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1693 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |