JATMIKO, BAGUS AJI (2025) ANALISIS KESIAPAN SISWA TERHADAP PEMANFAATAN TEKNOLOGI PADA PEMBELAJARAN DI ERA 4.0 SMK NEGERI PRINGKUKU. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.
![]() |
Text
Bagus Aji Jatmiko_PI_AB2024.pdf Download (297kB) |
Abstract
ABSTRAK Bagus Aji Jatmiko. ANALISIS KESIAPAN SISWA TERHADAP PEMANFAATAN TEKNOLOGI PADA PEMBELAJARAN DI ERA 4.0 SMK NEGERI PRINGKUKU. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2024. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kesiapan siswa SMK Negeri Pringkuku terhadap pemanfaatan teknologi pada pembelajaran di era 4.0; dan (2) mengetahui pemanfaatan teknologi pada pembelajaran di era 4.0 lingkup SMK Negeri Pringkuku. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan model studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa SMK Negeri Pringkuku dengan melibatkan 18 siswa sebagai responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi empat tahap: persiapan, pelaksanaan, analisis data, dan penyusunan laporan. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi, sementara analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesiapan siswa yang tinggi dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran, dengan respon positif terhadap penggunaan internet (100%), fasilitas laboratorium komputer (99%), dan penggunaan LCD (97,75%). Analisis mengungkapkan bahwa kesiapan teknologi yang tinggi ini menciptakan peluang untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif. Namun, masih diperlukan upaya untuk mentransformasikan kesiapan ini menjadi keterampilan praktis dan literasi digital yang efektif, serta pengembangan infrastruktur teknologi dan peningkatan kompetensi guru. Kata Kunci: Kesiapan Teknologi, Pembelajaran Era 4.0, Pendidikan Vokasi. ABSTRACT Bagus Aji Jatmiko. ANALYSIS OF STUDENTS’ READINESS FOR THE USE OF TECHNOLOGY IN LEARNING IN THE 4.0 ERA AT SMK NEGERI PRINGKUKU. Thesis. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2024. This research aimed to (1) assess the readiness of SMK Negeri Pringkuku students for using technology in learning in the 4.0 era and (2) evaluate the implementation of technology in learning at SMK Negeri Pringkuku. The research employs a qualitative descriptive approach with a case research model. The subjects of the research were 18 students from SMK Negeri Pringkuku. Data collection was carried out using questionnaires and documentation. The research process involved four stages: preparation, implementation, data analysis, and report writing. Data validity was ensured through triangulation, and data analysis included data reduction, data presentation, and conclusion. The results indicated a high level of student readiness for utilizing learning technology, with positive responses to internet access (100%), computer laboratory facilities (99%), and LCD usage (97.75%). This high level of technological readiness presents opportunities for developing more innovative learning strategies. However, further efforts are needed to convert this readiness into practical skills and effective digital literacy, as well as to enhance technological infrastructure and improve teacher competence. Keywords: Technological Readiness, Learning 4.0 Era, Vocational Education.
Item Type: | Thesis (Other) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) | |||||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Informatika | |||||||||||||||
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini | |||||||||||||||
Date Deposited: | 25 Feb 2025 04:06 | |||||||||||||||
Last Modified: | 25 Feb 2025 04:06 | |||||||||||||||
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1854 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |