ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMPN 1 KEBONAGUNG

ZULHIDAYAH, AMICO RISKY (2025) ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMPN 1 KEBONAGUNG. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
AMICO RISKY ZULHIDAYAH_PI_AB2024.pdf

Download (121kB)
[img] Text
AMICO RIZKY ZULHIDAHAH_PI_AR2024.pdf

Download (322kB)

Abstract

ABSTRAK Amico Risky Zulhidayah. ANALISIS RESPON PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMPN 1 KEBONAGUNG. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan Teknologi Informasi dalam pembelajaran Microsoft Office di mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas 8 SMPN 1 Kebonagung. Metode Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sample yang digunakan adalah 20 responden dari siswa kelas 8 SMPN 1 Kebonagung. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode Kuesioner dan Wawancara. Teknik analisis data menggunakan kategori pembagian kategori. Kategori kuesioner mengadaptasi Prasetyaning Astuti Mahayu (2003). Hasil analisis data menunjukan bahwa 1) tingkat respon pada siswa dengan kemampuan rendah menunjukkan tidak ada siswa yang masuk dalam kategori rendah atau 0%, 2) tingkat respon pada siswa dengan kemampuan sedang menunjukan banyak siswa masuk dalam kategori ini dengan pemahaman yang cukup baik atau 95 %, 3) tingkat respon pada siswa dengan kemampuan tinggi menunjukan siswa memiliki pemahaman yang baik dan ketertarikan dalam proses pembelajaran sebesar 5 %. Kata kunci: Teknologi Informasi, Respon, Microsoft Office. ABSTRACT Amico Risky Zulhidayah. RESPONSE ANALYSIS OF THE USE OF INFORMATION TECHNOLOGY IN THE LEARNING PROCESS AT SMPN 1 KEBONAGUNG. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2024. This study aims to determine students' responses to using information technology in Microsoft Office learning in Information and Communication Technology subjects for grade 8 of SMPN 1 Kebonagung. This research method is descriptive-qualitative. The sample used was 20 respondents from eighth-grade students of SMPN 1 Kebonagung. Data collection was obtained using the questionnaire and interview methods. The data analysis technique used category division categories. The questionnaire category adapted Prasetyaning Astuti Mahayu (2003). The research result showed that 1) the response rate for students with low abilities showed that no students in the low category or 0%; 2) the response rate for students with moderate abilities showed that many students were included in this category with a good understanding or 95%; and 3) the response rate for students with high abilities showed that students had a good understanding and interest in the learning process, or 5%. Information Technology, Response, Microsoft Office. Keywords: Information Technology, Response, Microsoft Office

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPRASTYO, TIKA DEDYyusr13l@gmail.com
UNSPECIFIEDNURHAYATI, NURHAYATInurh80912@gmail.com
UNSPECIFIEDPRASTYO, TIKA DEDYyusr13l@gmail.com
UNSPECIFIEDPRIHANTARA, ADITYAadityaprihantara@gmail.com
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pendidikan Informatika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 25 Feb 2025 05:37
Last Modified: 18 Mar 2025 02:28
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1857

Actions (login required)

View Item View Item