ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN BAHASA JAWA KRAMA INGGIL PADA SISWA KELAS II SD NEGERI III KARANGGEDE

USNANTIKA, ULVA (2020) ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN BAHASA JAWA KRAMA INGGIL PADA SISWA KELAS II SD NEGERI III KARANGGEDE. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
ULVA USNANTIKA_PGSD_AB2020.pdf

Download (227kB)
[img] Text
ULVA USNANTIKA_PGSD_AR2020.pdf

Download (284kB)

Abstract

ABSTRAK Ulva Usnantika.Analisis Keterampilan Berbicara Menggunakan Bahasa Jawa Krama Inggil pada Siswa Kelas II SD Negeri III Karanggede. Skripsi. STKIP PGRI Pacitan, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana proses pembelajaran Bahasa Jawa, (2) mengetahui bagaimana keterampilan berbicara Bahasa Jawa dan (3) mengetahui tentang apa saja permasalahan yang dihadapi oleh guru dan siswa. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri III Karanggede semester genap Tahun Ajaran 2019/2020, yaitu sebanyak 12 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes, wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil menunjukkan bahwa: 1) proses dalam pembelajaran sudah berjalan baik. 2) prosentase siswa keterampilan berbicara dengan nilai tinggi pada tes lisan 20% dari 12 siswa, prosentase siswa keterampilan berbicara sedang 50% dari 12 siswa dan 30% prosentase siswa keterampilan berbicara rendah. 3) Permasalahan yang di alami siswa dan guru adalah kurangnya media pembelajaran. Kata Kunci: keterampilan: berbicara; krama inggil.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDafidburhanuddin@gmail.com
UNSPECIFIEDARDHYANTAMA, VITvit.10276@gmail.com
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDafidburhanuddin@gmail.com
UNSPECIFIEDSUGIYONO, SUGIYONOUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Anindita Retno Wardani
Date Deposited: 31 Aug 2020 01:21
Last Modified: 28 Sep 2020 02:35
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item View Item