PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI COOPERATIVE LEARNING MODEL STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KAYEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SETIYANINGSIH, PAPIK (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI COOPERATIVE LEARNING MODEL STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KAYEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
PAPIK SETIYANINGSIH_PGSD_AB2020.pdf

Download (294kB)
[img] Text
PAPIK SETIYANINGSIH_PGSD_AR2020.pdf

Download (223kB)

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI COOPERATIVE LEARNING MODEL STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KAYEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Papik Setiyaningsih 1, Urip Tisngati, M.Pd 2, Taufik Hidayat 3 1 Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Pacitan Email : papiksetiyaningsih069@gmail.com 2 Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Pacitan Email : uriptisngati@gmail.com 3 Prodi Matematika , STKIP PGRI Pacitan Email : etaufik87@gmail.com Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hasil belajar siswa pada muatan Ilmu Pengetahuan Sosial Tema Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV yang masih rendah, sehingga penulis tergerak untuk meneliti penyebab kelemahan tersebut dan mencoba memberikan solusi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti tentang peningkatan hasil belajar muatan IPS tema “Indahnya Keragaman di Negeriku” melalui pembelajaran kooperatif model STAD siswa kelas IV SDN 1 Kayen. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah guru, siswa kelas IV SDN 1 Kayen. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan pada pra siklus, rata-rata nilai kelas adalah 60 dengan siswa yang memenuhi KKM ada 6 siswa atau sebesar 38% dari total jumlah siswa dan ada 10 siswa (62%) yang belum memenuhi KKM. Pada tindakan siklus I, jumlah nilai rata-rata 73 dengan siswa yang sudah mencapai nilai KKM sebanyak 10 siswa (62%) dan ada 6 siswa (38%) yang belum memenuhi KKM. Pada tindakan siklus II, jumlah rata-rata 82 dengan siswa yang sudah mencapai KKM mencapai 13 siswa (81%) dan ada 3 siswa (19%) yang belum mencapai nilai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku siswa kelas IV SDN 1 Kayen. Kata Kunci: Peningkatan hasil belajar IPS, Pembelajaran Kooperatif, Model STAD.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDTISNGATI, URIPuriptisngati@gmail.com
UNSPECIFIEDHIDAYAT, TAUFIKetaufik87@gmail.com
UNSPECIFIEDTISNGATI, URIPuriptisngati@gmail.com
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Anindita Retno Wardani
Date Deposited: 31 Aug 2020 01:22
Last Modified: 14 Sep 2020 07:00
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item View Item