ANALISIS KESULITAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG PADA SISWA KELAS II DI SDN I JATIGUNUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SYAPUTRI, MARITA NURTAMA (2020) ANALISIS KESULITAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG PADA SISWA KELAS II DI SDN I JATIGUNUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
MARITA NURTAMA SYAPUTRI_PGSD_AB2020.pdf

Download (283kB)

Abstract

ABSTRAK MARITA NURTAMA SYAPUTRI. Analisis Kesulitan Menulis Tegak Bersambung Pada Siswa Kelas II di SDN I Jatigunung Tahun Pelajaran 2019/2020. SkRIPSI. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) faktor-faktor yang menyebabkan sulitnya menulis tegak pada siswa kelas II di SDN I Jatigunung; (2) Upaya guru dalam membantu kesulitan menulis dengan jujur dialami oleh siswa kelas dua di SDN I Jatigunung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Melakukan penelitian di semester genap 2019/2020. Penelitian ini menggunakan subjek 8 siswa dan 1 guru Kelas II yang dipilih secara purposive sampling pada siswa Kelas II di SDN I Jatigunung. Pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji validitas data peneliti menggunakan uji kredibilitas dengan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kesulitan menulis tegak bersambung pada siswa kelas II di SDN I Jatigunung tahun pelajaran 2019/2020 antara lain: 1) kurangnya penguasaan kaidah menulis tegak bersambung, 2) lambat dalam menulis tegak bersambung, 3) kesalahan penulisan huruf kapital, 4) adanya huruf yang tertinggal pada kata, 5) cara menulis tidak konsisten dan tidak mengikuti alur garisyang tepat. Upaya guru dalam membantu kesulitan menulis tegak bersambung yang dialami oleh siswa kelas II di SDN I Jatigunung tahun pelajaran 2019/2020, yaitu dengan: 1) memberikan arahan, 2) memberikan bimbingan secara langsung kepada siswa yang mengalami kesulitan menulis tegak bersambung, 3) sabar serta telaten dalam memberikan arahan kepada siswa yang mengalami kesulitan menulis tegak bersambung, 4) guru memberikan penjelasan kembali bagi siswa yang belum memahami tentang menulis tegak bersambung, 5) meminta kepada siswa yang memiliki kemampuan baik dalam menulis tegak bersambung untuk menjelaskan kepada temannya yang belum bisa menulis tegak bersambung. Kata kunci: Kesulitan, Menulis, Tegak Bersambung.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDERVIANA, LINAlinaerviana27@gmail.com
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDafidburhanuddin@gmail.com
UNSPECIFIEDERVIANA, LINAlinaerviana27@gmail.com
UNSPECIFIEDARISTYA, FERRYUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Anindita Retno Wardani
Date Deposited: 31 Aug 2020 01:22
Last Modified: 07 Oct 2022 03:43
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/215

Actions (login required)

View Item View Item