PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA DALAM KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) KELAS III SD NEGERI 1 PRINGKUKU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NURSANTI, APRILIA ANGGRAENI (2020) PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA DALAM KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) KELAS III SD NEGERI 1 PRINGKUKU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
APRILIA ANGGRAENI NURSANTI_PGSD_AR2020.pdf

Download (201kB)
[img] Text
APRILIA ANGGRAENI NURSANTI_PGSD_AB2020.pdf

Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi penggunaan media pembelajaran kartu kata dalam pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas III SD Negeri 1 Pringkuku, 2) Kemampuan siswa lamban belajar dalam keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata pada kelas III SD Negeri 1 Pringkuku, dan 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan membaca permulaan melalui penggunaan media kartu kata pada siswa lamban belajar kelas III SD Negeri 1 Pringkuku. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan satu subjek yang dipilih secara purposive sampling pada siswa kelas III SD Negeri 1 Pringkuku yang teridentifikasi lamban belajar. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data-data kemudian dianalisis menggunakan analisis data Miles and Huberman yang meliputi reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kata pada siswa lamban belajar di kelas III SD Negeri 1 Pringkuku dilakukan dengan langkah: perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Kemampuan membaca siswa setelah menggunakan media kartu menunjukkan persentase 75% (Baik). Kemampuan membaca siswa ini meningkat sekitar 20% dari hasil tes awal membaca dengan persentase 55% (Cukup). Faktor penghambat keterampilan membaca dengan media kartu pada siswa lamban belajar adalah faktor intelektual siswa, minat dan kepercayaan diri rendah dan lingkungan belajar siswa. Sedangkan faktor pendukungnya adalah adanya motivasi orangtua, pendampingan dan bimbingan guru dan teman, dan tersedianya media pembelajaran membaca. Kata Kunci: Siswa lamban belajar, Keterampilan membaca permulaan, Media kartu kata.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAmegapurnamasari1986@gmail.com
UNSPECIFIEDARDHYANTAMA, VITvit.10276@gmail.com
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAmegapurnamasari1986@gmail.com
UNSPECIFIEDSURYATIN, SURYATINUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:52
Last Modified: 01 Sep 2020 07:53
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item