FATONI, AZHAR NUR
(2020)
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SDN LOSARI IV KECAMATAN TULAKAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020.
Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.
Abstract
ABSTRAK
Azhar Nur Fatoni.. Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Di SDN LOSARI IV Kecamatan Tulakan. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2020
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Tematik Terpadu melalui pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar siswa SDN Losari IV dan mendeskripsikan pemahaman konsep siswa terhadap pembelajaran Tematik Terpadu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ada
4 siswa, dibantu dengan bantuan 1 guru, 1 kepala sekolah dari SDN Losari IV.
Pengambilan data dari siswa dilakukan dengan cara observasi, tes dan wawancara sedangkan untuk mengambil data guru dan kepala sekolah dilakukan dengan cara observasi dan wawancara.
Hasil analisis data menyimpulkan bahwa dengan bantuan lingkungan sekitar
sebagai sumber belajar pemahaman konsep siswa dapat dimaksimalkan. Dengan bantuan media di sekitar lingkungan siswa akan lebih mudah mengenal dan hal-hal yang digunakan untuk materi, siswa juga lebih mudah dalam mengingat materi yang disampaikan guru. Dengan memberikan contoh yang nyata kepada siswa, siswa akan menjadi besemangat dalam belajar untuk menempuh prestasi yang lebih baik. Ketika media yang dipakai menarik siswa akan lebih bersemangat ketika belajar. Ketika proses pemahaman konsep siswa mempunyai karakter dan cara untuk mencapai kemampuan pemahaman konsep. Guru, orang tua dan lingkungan bertugas untuk mengawasi dan mendukung siswa agar bisa lebih berkembang dan berprestasi
Kata Kunci:
Pemahaman konsep, lingkungan sekitar, Tematik, SDN Losari IV
ABSTRACT
Azhar Nur Fatoni. An analysis of Students' Understanding of Concepts in Integrated
Thematic Learning Through Environmental Utilization as Learning Resources at SDN 4
Losari, Tulakan Subistrict. S1-Thesis. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2020
This study aims to determine the implementation of Integrated Tematic learning through the use of the environment as a learning resource for students of SDN 4 Losari and to describe students' understanding concept of Integrated Thematic learning.
This research used desciptive qualitative approach. The research subjects were 4 students, assisted by the assistance of 1 teacher, 1 principal from SDN 4 Losari. Collecting data from students was done by means of observation, tests and interviews, while to collect data on teachers and principals was done by means of observation and interviews.
The results of the data analysis concluded that with the help of the surrounding environment as a learning resource, students' understanding of concepts could be maximized. With the help of the media around the students' environment, it would be easier to recognize and the things used for the material, students would also find it easier to remember the material presented by the teacher. By giving real examples to students, students would be enthusiastic in learning to achieve better achievements. When the media used attracts students, they would be more enthusiastic when studying. Meanwill the process of understanding the concept, the students has the character and ways to achieve the ability to understand the concept. Teachers, parents and the environment had tasked in supervising and supporting students, so they can develop and have achievement.
Keywords:
Understanding the concept, the surrounding environment, Thematic, SDN Losari IV
Available Versions of this Item
-
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SDN LOSARI IV KECAMATAN TULAKAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. (deposited 04 Sep 2020 11:39)
[Currently Displayed]
Actions (login required)
|
View Item |