PERAN GURU DALAM MEMBERI MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA KONKRIT KELAS III SDN GEDANGAN II

WIDIYANA, FIKA (2020) PERAN GURU DALAM MEMBERI MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA KONKRIT KELAS III SDN GEDANGAN II. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
FIKA WIDIYANA_PGSD_AB2020.pdf

Download (154kB)
[img] Text
FIKA WIDIYANA_PGSD_AR2020.pdf

Download (211kB)

Abstract

ABSTRAK FikaWidiyana. Peran Guru Dalam Memberi Motivasi Belajar Siswa MenggunakanMedia Konkrit Kelas III SD Negeri II. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2020 Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Bagaimana peran guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan media konkrit kelas III di SDN Gedangan II. (2) Untuk mengetahui Bagaimana motivasi belajar siswa kelas III di SDN Gedangan II. Hasil penelitian : (1Peran guru dalam memberikan motivasi siswa kelas III SDN Gedangan II, sebagai pengajar yang berkualitas yang dapat membuat dan melaksanakan program pembelajaran yang disusun dengan baik, guru sebagai motivator yang baik bisa mengelola dan mengendalikan diri sendiri dan peserta didik. Bentuk- bentuk motivasi yang bisa diberikan oleh guru kelas III antara lain adalah pemberian pujian, penambahan angka, pemberian tugas yang bersifat kompetisi antar siswa serta adanya kerja sama yang baik antara guru dan siswa dalam menciptakan lingkungan belajar yang aktif, kondusif danmenyenangkan (2) Penggunaan media benda konkret pada pembelajaran matematika tingkat dasar materi pecahan kelas III SDN Gedangan II yang dilakukan oleh guru mata pelajaran matematika sudah berjalan lancar. Yang awalnya di anggap mata pelajaran matematika itu menakutkan dan membosankan, setelah guru mengajar matematika khususnya materi pecahan menggunakan media konkret belajar pecahan menjadi lebih menarik, mengasyikkan, menyenangkan, tidak takut lagi dan tidak merasa bosan. Penggunaan media konkret pada pembelajaran matematika materi pecahan terdapat tiga tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, (3) Faktor pendukung diantanya: media benda konkret mudah untuk ditemukan dilingkungan sekitar, siswa memiliki antusias tinggi dan membawa media dari rumah masing-masing, saat belajar dengan media menjadikan siswa belajar aktif, sedangkan Faktor penghambat diantaranya: kurang tersedianya media yang ada di sekolahan, mengenai masalah biaya dalam penggunaannya Kata Kunci: Peran Guru, Motivasi, Media Konkrit. ABSTRACT FikaWidiyana. The Teacher’s Role in Motivating Students of Class 3 SDN II Gedangan through Concrete Media. SI-Thesis. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan. 2020 The objectives of this study were: (1) to determine how the role of teacher in increasing students’ motivation in using concrete media for class III at SDN Gedangan II. (2) to find out how the learning motivation of grade III students at SDN Gedangan II. The result of the study: (1) the role of the teacher in motivating the third grade students of SDN Gedangan II, as a qualified teacher who can create and implement well- stuructured learning programs, the teacher as a good motivator can manage and control themselves and student. The motivation that can be given by class III teachers includes giving praise, adding numbers, giving assignments that are competitive among student as well as good cooperation between teachers and student in creating an active, conducive and fun learning environment (2) Use of media object concrete learning at the basic level of fraction material for grade III SDN Gedangan II which was carried out by teachers of mathematic subjects has been running smoothly. Which was initially considered to be a scary and boring mathematics subject, after the teachertaught mathematics, especially fractions material used concrete media, learning fractions became in more interesting, exciting, fun, not afraid anymore and not feel bored. The use of concrete media in learning mathematics in fraction material consists of three stages, namely: planning, implementation and evaluation, (3) Supporting factors include: media of concrete objects are easy to find in the surrounding envinronment, students had high enthusiasm and bring media from their homes, whenlearning with the media made students learn actively, while the inhibiting factors include: the lack of available media in school, regarding the cost issue in its use Keywords: The Role of Teachers. Motivation. Concrete Media.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDafidburhanuddin@gmail.com
UNSPECIFIEDARDHYANTAMA, VITvit.10276@gmail.com
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDafidburhanuddin@gmail.com
UNSPECIFIEDERVIANA, LINAUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Sofyan Hadi Sofyan Hadi
Date Deposited: 04 Sep 2020 11:40
Last Modified: 05 Sep 2020 02:51
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item