IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, MENYENANGKAN PADA MADRASAH DINIYAH AWWALIYAH IRSYADUSSIBYAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6

MOCHAMMAD, TAUFIK HIDAYAT (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, MENYENANGKAN PADA MADRASAH DINIYAH AWWALIYAH IRSYADUSSIBYAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
MOCHAMMAD TAUFIK HIDAYAT_PI_AB2020.pdf

Download (292kB)
[img] Text
MOCHAMMAD TAUFIK HIDAYATI_PI_AR2020 - Taufik Hidayat.pdf

Download (732kB)

Abstract

ABSTRAK Mochammad Taufik Hidayat. Implementasi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Menyenangkan Pada Madrasah Diniyah Awwaliyah Irsyadussibyan Menggunakan Adobe Flash CS6. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2020. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk menghasilkan deskripsi implementasi pembelajaran ilmu tajwid yang efektif dan efisien pada Madrasah Diniyah Awwaliyah Irsyadussibyan, 2) untuk mengetahui pemahaman materi tentang ilmu tajwid menggunakan adobe flash di Desa Gunungsari Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah kata-kata atau kalimat yang ada dalam lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa Madrasah Diniyah Awwaliyah Irsyadussibyan. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa: 1) peneliti menemukan tiga tahapan dalam implementasi pembelajaran (a) perencanaan implementasi pembelajaran ilmu tajwid berawal dari rancangan pembelajaran, (b) implementasi pembelajaran ilmu tajwid menerapkan metode belajar yang sudah dipersiapkan, (c) evaluasi pembelajaran ilmu tajwid dengan membaca potongan ayat Al-Quran. 2) dalam implementasi pembelajaran ilmu tajwid memiliki beberapa faktor: (a) faktor pendukung dalam pembelajaran ilmu tajwid terdiri dari guru dan siswa, (b) faktor penghambat dalam pembelajaran ilmu tajwid adalah kemampuan siswa yang berbeda, (c) analisis solusi dari faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi dengan membuat kelompok belajar siswa. Media pembelajaran memiliki fungsi yang sangat penting untuk menyampaikan materi secara mudah untuk dipahami oleh siswa, seperti fungsi media adobe flash sebagai media yang bercampur dengan teknologi sekarang, sehingga siswa semangat dalam mendapatkan ilmu yang diajarkan oleh guru. Kata Kunci: Aktif, Kreatif, Menyenangkan, Adobe Flash

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPRASTYO, TIKA DEDYkuliah.didiet@gmail.com
UNSPECIFIEDMUKODI, MUKODImukodi@yahoo.com
UNSPECIFIEDRAHAYU, DWIUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDPRASTYO, TIKA DEDYkuliah.didiet@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Informatika
Depositing User: Anindita Retno Wardani
Date Deposited: 04 Sep 2020 11:41
Last Modified: 07 Oct 2020 02:07
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/256

Actions (login required)

View Item View Item