MUKODI, MUKODI (2016) KEPRIBADIAN ISLAMI DAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, 8 (2). pp. 1279-1286. ISSN 2085-0581
Text
KEPRIBADIAN ISLAMI DAN TEORI PERKEMBANGAN.pdf Download (438kB) |
Abstract
Kepribadian dan perkembangan kognitif manusia acapkali menimbulkan persoalan. Hal ini dikarenakan setiap individu mempunyai keunikan, dan tabiatnya masing-masing. Jenis penelitian ini adalah kajian pustaka dengan menggunakan metode deskriptif- analitik. Hasil kajian ini menemukan bahwa (1) kepribadian seseorang pada dasarnya merupakan perwujudan dari ciri khas yang menyangkut seluruh aspek manusiawi, baik jasmani, maupun rohani yang dinamis dan unik; (2) perkembangan kognitif ala Jean Peaget merupakan proses spontan di mana organisme memainkan peran aktifnya. Proses perkembangannya terdiri atas empat faktor, yakni maturasi, pengalaman transmisi sosial, dan ekuilibrasi; (3) dekonstruksi kepribadian islami dapat dilakukan secara sistematis di dunia persekolahan melalui pengkondisian berkepribadian islami; (4) lintas disiplin keilmuan (cross discipline) menjadi salah satu tumpuhan pembentukan kepribadian islami.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 08:19 |
Last Modified: | 14 Nov 2019 08:19 |
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/26 |
Actions (login required)
View Item |