LUKMANA, INGGIT (2020) NILAI NILAI PENDIDIKAN DALAM CERPEN SEBUAH JAZIRAH DIUTARA KARYA LINDA CHRISTANTY (Tinjauan Strukturalisme). Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.
Text
INGGIT LUKMANA_PBSI_AB2020.pdf Download (124kB) |
|
Text
INGGIT LUKMANA_PBSI_AR2020.pdf Download (295kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan dalam cerpen Sebuah Jazirah di Utara karya Linda Christanty. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan strukturalisme. Sumber data yang digunakan adalah 20 cerpen Indonesia terbaik 2009. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan catat. Berdasarkan analisis data dapat di simpulkan Bentuk nilai-nilai pendidikan dalam cerpen sebuah jazirah di utara (1) nilai pendidikan religius dalam cerpen Sebuah Jazirah di Utara seperti tawakal, beriman dan taat. (2) nilai pendidikan moral dalam cerpen sebuah jazirah di utara seperti, tanggung jawab, sabar dan jujur (3) nilai pendidikan sosial dalam cerpen sebuah jazirah di utara seperti, rasa peduli, tolong menolong dan toleransi dalam cerpen Sebuah Jazirah di Utara. (4) nilai pendidikan budaya dalam cerpen sebuah jazirah di utara seperti, adat istiadat, tradisi, kebiasaan dan cerita-cerita sejarah. Pengaruh nilai-nilai pendidikan dalam perilaku tokoh dalam cerpen sebuah jazirah di utara seperti tokoh ayah yang memiliki perilaku sejalan dengan nilai pendidikan religius yaitu percaya akan adanya allah, ikhlas menerima ujian dari allah serta tawakal. Perilaku tokoh ayah sejalan dengan nilai pendidikan budaya seperti mempertahankan keberadaan budaya dan menjunjung tinggi keberadaan budaya. Selanjutnya perilaku tokoh dia sejalan dengan nilai pendidikan sosial seperti kepedulian dan kebersamaan. Unsur intrinsik cerpen yang berupa tema, plot/alur, tokoh/penokohan, latar, sudut pandang, bahasa/pemajasan dan moral. Unsur intrinsik cerpen sebuah jazirah di utara yaitu tema: tema dari cerpen sebuah jazirah di utara yaitu tentang kematian dan percintaan. Plot/alur dalam cerpen sebuah jazirah di utara yaitu alur campuran Tokoh/penokohan: tokoh utama dalam cerpen sebuah jazirah di utara yaitu tokoh dia. Tokoh dia memiliki watak penyayang dan peduli. Tokoh ayah memiliki watak yang sabar, perhatian dan bijaksana. Tokoh lelaki memiliki watak penyayang dan perhatian. Latar dalam cerpen sebuah jazirah di utara yaitu: latar tempat (rumah sakit, rumah makan, dan universitas), latar waktu (malam hari), dan latar suasana (sedih). Sudut pandang dalam cerpen sebuah jazirah di utara adalah sudut pandang orang ketiga sebagai narator. Bahasa/pemajasan cerpen sebuah jazirah di utara yaitu simile dan personifikasi. Moral cerpen sebuah jazirah diutara yaitu ketika orang tua kita dalam kesusahan kita sebagai seorang anak harus tetap peduli kepada mereka. Kata kunci: Strukturalisme, Nilai Pendidikan, Cerpen
Item Type: | Thesis (Other) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) | |||||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||||||||
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini | |||||||||||||||
Date Deposited: | 04 Sep 2020 13:36 | |||||||||||||||
Last Modified: | 05 Oct 2020 02:38 | |||||||||||||||
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/284 |
Actions (login required)
View Item |