Implementasi Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Budaya Membaca Siswa Di Sd Negeri Mentoro

SURYANINGTIAS, IKA (2020) Implementasi Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Budaya Membaca Siswa Di Sd Negeri Mentoro. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
IKA SURYANINGTIAS_PGSD_AB2020.pdf

Download (233kB)
[img] Text
IKA SURYANINGTIAS_PGSD_AR2020.pdf

Download (258kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri Mentoro; (2) dampak dari pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah terhadap peningkatan budaya membaca siswa di SD Negeri Mentoro; (3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri Mentoro. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian pada bulan Maret sampai dengan Juli 2020. Penelitian ini menggunakan 7 subjek yang terdiri dari 1 kepala sekolah, 2 guru yang merangkap sebagai wali kelas, dan 4 orang siswa yang ditunjuk secara acak. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri Mentoro sudah berjalan namun masih dalam tahap pembiasaan yang diwujudkan dalam kegiatan membaca Juz ‘Amma dan Al-Qur’an sebelum pembelajaran; (2) budaya membaca siswa di SD Negeri Mentoro cukup meningkat, terlihat dari kemampuan membaca Juz ‘Amma dan Al Qur’an yang baik, meningkatnya hafalan surat pendek siswa kelas 1, 2, dan 3, serta meningkatnya minat siswa untuk berkunjung ke perpustakaan sekolah; (3) faktor pendukung pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri Mentoro yaitu kesadaran warga sekolah mengenai pentingnya budaya literasi, ketaatan dan kepatuhan terhadap Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, partisipasi aktif orang tua siswa dan seluruh warga sekolah; (4) faktor penghambat pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri Mentoro adalah waktu untuk membaca Juz ‘Amma dan Al-Qur’an dirasa masih kurang dan siswa lebih berminat pada internet daripada membaca buku. Kata Kunci: Literasi, Gerakan Literasi Sekolah, Membaca.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDARDHYANTAMA, VITvit.10276@gmail.com
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDafidburhanuddin@gmail.com
UNSPECIFIEDARDHYANTAMA, VITvit.10276@gmail.com
UNSPECIFIEDPUSPITASARI, INDAHinkiku47@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 05 Sep 2020 03:52
Last Modified: 05 Sep 2020 03:52
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/298

Actions (login required)

View Item View Item