PENERAPAN STRATEGI DIRECT LISTENING THINKING ACTIVITY (DLTA) PADA KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS III SDN 1 JATIGUNUNG KECAMATAN TULAKAN

NUGROHO, EDI (2020) PENERAPAN STRATEGI DIRECT LISTENING THINKING ACTIVITY (DLTA) PADA KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS III SDN 1 JATIGUNUNG KECAMATAN TULAKAN. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
EDI NUGROHO_PGSD_AB2020.pdf

Download (122kB)
[img] Text
EDI NUGROHO_PGSD_AR2020.pdf

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi direct listening thinking activity (DLTA) pada siswa kelas III dan mendeskripsikan keterampilan menyimak siswa dengan strategi DLTA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN I Jatigunung Kecamatan Tulakan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data ( data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi direct listening thinking activity (DLTA) dapat diterima dengan baik oleh siswa dan guru. Hanya saja ada sedikit masalah yang ditemukan pada saat dilakukannya proses pembelajaran, yaitu beberapa siswa masih kesulitan menceritakan kembali materi dengan lisan. Akan tetapi hal ini dapat dilakukan siswa dengan melakukan kegiatan tes tertulis. Keterampilan menyimak siswa pada pembelajaran tematik dengan penerapan strategi direct listening thinking activity (DLTA) : dari hasil tes keterampilan menyimak yang diperoleh, menunjukan bahwa keterampilan menyimak siswa tergolong baik. Nilai yang diperoleh dari 5 siswa mendapatkan rata-rata 81,6 sedangkan KKM yang harus dicapai yaitu 76. Terdapat kesulitan yang dihadapi guru dalam mengkaitkan setiap materi pada pembelajaran tematik. Selain itu, membutuhkan perencanaan yang lebih matang dan membutuhkan waktu lama. Kata Kunci : Strategi DLTA, Keterampilan Menyimak, Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDARDHYANTAMA, VITvit.10276@gmail.com
UNSPECIFIEDAL FATH, AYATULLAH MUHAMMADINayatullah200289@gmail.com
UNSPECIFIEDARDHYANTAMA, VITvit.10276@gmail.com
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 09 Sep 2020 13:50
Last Modified: 14 Sep 2020 04:28
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/339

Actions (login required)

View Item View Item