WIBOWO, NOFA ARIEF and ALFINDANA, DICKY and ADAM, QORBY HAQQUL (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Futsal Melalui Pendekatan Bermain pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pacitan Tahun Ajaran 2019/2020. JURNAL SMART SPORT, 16 (1). ISSN 2723-3081
Text
ARTIKEL 2.pdf Download (245kB) |
|
Text
Peer Review 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
CEK PLAGIARISME.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar futsal melalui pendekatan bermain pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Pacitan Tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini sendiri merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas X SMK Negeri 1 Pacitan yang berjumlah 28 siswa terdidi dari 12 siswa putra dan 16 putri. Data ini berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan angket. Untuk validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data ini menggunakan teknik deskriptif berdasarkan pada analisis kualitatif berdasarkan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian analisis diperoleh hasil belajar futsal siswa pada siklus I dari 28 siswa mencapai 61,70 % atau sebanyak 16 siswa yaitu sudah masuk kriteria tuntas , Pada siklus II meningkat mencapai 84,80 %atau sebanyak 23 siswa sedangkan 5 siswa belum tuntas dengan KKM 75. Hasil penelitian ini memperoleh simpulan bahwa dengan metode pendekatan bermain bisa meningkatkan hasil belajar futsal pada siswa kelas X zSMK Negeri 1 Pacitan Tahun pelajaran 2019/2020 Kata Kunci : Hasil belajar futsal, Pendekatan Bermain, Pembelajaran futsal
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi |
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 00:52 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 02:58 |
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/381 |
Actions (login required)
View Item |