MUKHOLIFAH, MADINATUL and TISNGATI, URIP and ARDHYANTAMA, VIT (2020) MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. JURNAL INOVASI PENELITIAN, 1 (4). pp. 673-682. ISSN ISSN 2722-9475
Text
jurnal nasional 1 (2020) mengembangkan media pembelajaran wayang karakter pada pembelajaran tematik cek plagiasi.pdf Download (3MB) |
|
Text
jurnal nasional 1 (2020) mengembangkan media pembelajaran wayang karakter pada pembelajaran tematik peer review.pdf Download (206kB) |
|
Text
jurnal nasional 1 (2020) mengembangkan media pembelajaran wayang karakter pada pembelajaran tematik.pdf Download (546kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) pengembangan media pembelajaran Wayang Karakter pada pembelajaran tematik kelas IV sekolah dasar, (2) efektifitas media pembelajaran wayang karakter pada pembelajaran tematik, dan (3) hasil pengembangan media pembelajaran wayang karakter pada pembelajaran tematik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan desain pengembangan 4D, yaitu define (Pendefinisian), design (Perancangan), develop (Pengembangan), disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 4 pada pembelajaran tematik. Metode pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Diperoleh hasil pertama, penelitian dan pengembangan media pembelajaran Wayang Karakter pada pembelajaran tematik kelas IV sekolah dasar dapat dilakukan dengan menggunakan desain pengembangan 4D. Kedua, media pembelajaran Wayang Karakter telah diuji efektfitasnya melalui uji coba terbatas pada kelompok kecil posttest dengan hasil 78,57% dan lebih dari 75% siswa tuntas dalam belajar yang berarti media pembelajaran efektif digunakan untuk pembelajaran tematik pada kelas 4 sekolah dasar. Ketiga, hasil pengembangan media pembelajaran wayang karakter diperoleh hasil yang “Baik” pada penilaian ahli materi dengan skor rata-rata keseluruhan 4,00. Penilaian ahli media memperoleh skor rata-rata 4,69 dengan kriteria “Sangat Baik”, dan penilaian ahli pembelajaran dengan skor rata-rata 4,70 dengan kriteria “Sangat Baik”. Pada ujicoba kelompok kecil diperoleh penilaian dengan rerata skor 4,70 termasuk kriteria “Sangat Baik”. Diharapkan media pembelajaran wayang karakter dapat memotivasi guru untuk menggunakan media pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di sekolah terutama pada teks bacaan panjang. Kata Kunci: Media, Wayang Karakter & Pembelajaran Tematik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 01:42 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 01:44 |
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/390 |
Actions (login required)
View Item |