Analisis Penggunaan Media “Google Form” terhadap Efektivitas Pembelajaran di Masa Pandemi Covid- 19 Kelas III SDN 3 Gondang

WIDHIANTO, ANDRIAN (2021) Analisis Penggunaan Media “Google Form” terhadap Efektivitas Pembelajaran di Masa Pandemi Covid- 19 Kelas III SDN 3 Gondang. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
ANDRIAN WIDHIANTO_PGSD_AB2021.pdf

Download (201kB)
[img] Text
ANDRIAN WIDHIANTO_PGSD_AR2021.pdf

Download (911kB)
[img] Text
ANDRIAN WIDHIANTO_PGSD_CEK PLAGIASI.pdf

Download (684kB)
[img] Text
ANDRIAN WIDHIANTO_BAB 1_PGSD2021.pdf

Download (984kB)
[img] Text
ANDRIAN WIDHIANTO_BAB 2_PGSD2021.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ANDRIAN WIDHIANTO_BAB 3_PGSD2021.pdf

Download (971kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media serta efektivitas pembelajaran dimasa pandemi covid-19. Ditinjau dari segi penggunaan media pembelajaran daring terkait konektifitas jaringan, penggunaan media, ketercapaian tujuan pembelajaran dan kebermanfaatan dalam penggunaan media dalam metode pembelajaran daring siswa kelas III SDN 3 Gondang baik dalam segi pembelajaran maupun pengukuran hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif, dimana penelitian ini digunakan untuk mengungkapkan secara menyeluruh dan sesuai dengan konteks melalui pengumpulan data di lapangan dengan memanfaatkan peneliti sebagai instrumen kunci. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN 3 Gondang. Metode pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi dan validasi data dari hasil pengumpulan data melalui tringgulasi data dan sumber. Hasil dari penelitian dari analisis hasil penggunaan media Google Form terhadap efektifitas pembelajaran dimasa pandemi Covid 19 adalah bahwa aplikasi Google Form sangat mudah digunakan, memiliki fitur yang menarik, tidak memerlukan data yang besar serta efektif digunakan dengan catatan adanya pendampingan belajar siswa dan pengawasan guru orang tua siswa selama kegiatan pembelajaran daring berlangsung. Adanya pendampingan belajar dari orang tua bertujuan untuk mengawasi, memberikan motivasi dan untuk memberikan bantuan apabila dibutuhkan. Mengingat usia siswa masih tingkat sekolah dasar maka pendampingan belajar menentukan keberhasilan dan efektifitas pembelajaran menggunakan aplikasi Google Form. Terutama berkaitan dengan tanggung jawab siswa dan kedisiplinan siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Kata kunci: Google Form, Efektifitas pembelajaran daring, Pendampingan belajar

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDafidburhanuddin@gmail.com
UNSPECIFIEDNURHAYATI, NURHAYATInurh8091@gmail.com
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDafidburhanuddin@gmail.com
UNSPECIFIEDERVIANA, LINAlinaerviana27@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 22 Aug 2021 03:35
Last Modified: 11 Nov 2021 03:24
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item View Item