Problematika Pembelajaran Daring Ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa

MUSTIKA, ENDAH (2021) Problematika Pembelajaran Daring Ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
ENDAH MUSTIKA_PM_AB2021.pdf

Download (390kB)
[img] Text
ENDAH MUSTIKA_PM_AR2021.pdf

Download (802kB)
[img] Text
ENDAH MUSTIKA_CEK PLAGIASI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
ENDAH MUSTIKA_BAB 1_PM2021.pdf

Download (161kB)
[img] Text
ENDAH MUSTIKA_BAB 2_PM2021.pdf

Download (201kB)
[img] Text
ENDAH MUSTIKA_BAB 3_PM2021.pdf

Download (225kB)

Abstract

Problematika pembelajaran daring yang dimiliki siswa SMP Negeri 1 Kebonagung beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran daring yang dimiliki oleh siswa di SMP Negeri 1 Kebonagung ditinjau dari resiliensi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini 9 siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Kebonagung dengan kategori resiliensi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data diperoleh dari angket dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa 1) Problematika pembelajaran daring pada siswa dengan resiliensi matematis tinggi yaitu siswa kesulitan dalam mengakses internet, hal ini disebabkan oleh adanya pemadaman listrik dan domisili siswa yang terletak di daerah pegunungan, siswa juga merasa bosan karena tidak bisa berinteraksi langsung dengan guru dan belajar bersama teman-teman seperti dahulu. 2) Problematika pembelajaran daring pada siswa dengan resiliensi matematis sedang yaitu siswa kesulitan dalam mengakses internet, hal ini disebabkan karena terkendala jaringan internet, kondisi lingkungan belajar yang kurang kondusif, siswa kesulitan dalam memahami konten atau video pembelajaran dari guru matematika dan merasa bosan tanpa adanya teman-teman. 3) Problematika pembelajaran daring pada siswa dengan resiliensi matematis rendah yaitu kesulitan dalam mengakses internet, hal ini disebabkan karena lokasi rumah di pedalaman, kondisi lingkungan belajar yang kurang kondusif karena adanya suara bising dari lingkungan sekitar, kuota tidak mencukupi, kesulitan dalam memahami materi matematika. Kata Kunci: Problematika, Matematika, Resiliensi Matematis

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDAPRIYANI, DWI CAHYANI NURdwi.cna@gmail.com
UNSPECIFIEDQUDSIYAH, KHOIRULyaalatif@yahoo.com
UNSPECIFIEDAPRIYANI, DWI CAHYANI NURdwi.cna@gmail.com
UNSPECIFIEDSUSANTO, HARI PURNOMOharipurnomosusanto@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 22 Aug 2021 05:25
Last Modified: 10 Nov 2021 03:41
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/433

Actions (login required)

View Item View Item