Analisis Pemahaman Siswa Berkebutuhan Khusus pada mata Pelajaran Sains di SD Negeri 1 Losari Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2020/2021

PRAYOGO, MUHAMMAD DIKCO ADHI (2021) Analisis Pemahaman Siswa Berkebutuhan Khusus pada mata Pelajaran Sains di SD Negeri 1 Losari Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2020/2021. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
MUHAMMAD DIKCO ADHI PRAYOGO_PGSD_AB2021.pdf

Download (434kB)
[img] Text
MUHAMMAD DIKCO ADHI PRAYOGO_PGSD_AR2021.pdf

Download (701kB)
[img] Text
MUHAMMAD DIKCO ADHI PRAYOGO_PGSD_CEK PLAGIASI.pdf

Download (358kB)
[img] Text
MUHAMMAD DIKCO ADHI PRAYOGO_BAB 123_PGSD2021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Proses pembelajaran sains pada siswa berkebutuhan khusus, pemahaman siswa berkebutuhan khusus pada mata pelajaran sains dan langkah yang dilakukan pihak guru untuk meningkatkan pemahaman siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu suatu penelitian yang menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam pada suatu permasalahan. Penelitian kualitatif merupakan riset deskripsi serta cenderung menggunakan analisis. Subjek pada penelitian ini adalah siswa berkebutuhan khusus kelas IV SD Negeri 1 Losari Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis selama dilapangan yang meliputi, (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Verifikasi dan membuat kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Proses pembelajaran sains pada siswa berkebutuhan khusus di SD Negeri 1 Losari pada dasarnya sudah menerapkan pembelajaran sains pada umumnya yaitu membahas tentang fenomena di alam, baik itu tentang benda hidup maupun benda tak hidup, dan kurikulum yang digunakan sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah. (2) Pemahaman siswa berkebutuhan khusus di kelas IV di SD Negeri 1 Losari masih kurang. (3) Upaya yang dilakukan oleh pihak guru untuk meningkatkan pemahaman siswa berkebutuhan khusus pada mata pelajaran sains adalah dengan menggunakan media pembelajaran berupa media gambar ataupun alat peraga. Kata kunci: Siswa berkebutuhan khusus, Pemahaman, Pembelajaran sains

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDARISTYA, FERRYferryaristya@gmail.com
UNSPECIFIEDSUGIYONO, SUGIYONOsugiyonopacitan@gmail.com
UNSPECIFIEDARISTYA, FERRYferryaristya@gmail.com
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDafidburhanuddin@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 22 Aug 2021 06:15
Last Modified: 11 Nov 2021 04:15
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/437

Actions (login required)

View Item View Item