ANALISIS SOAL-SOAL UJI KOMPETENSI MATERI FUNGSI PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM

PUTRA, SANDY OKTAVIANTO (2021) ANALISIS SOAL-SOAL UJI KOMPETENSI MATERI FUNGSI PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
SANDY OKTAVIANTO PUTRA_PM_AB2021.pdf

Download (415kB)
[img] Text
SANDY OKTAVIANTO PUTRA_CEK PLAGIASI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
SANDY OKTAVIANTO PUTRA_PM_AR2021.pdf

Download (783kB)
[img] Text
SANDY OKTAVIANTO PUTRA_BAB 123_PM2021.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kognitif soal-soal uji kompetensi materi fungsi yang terdapat di dalam buku teks siswa kelas X SMA menggunakan Taksonomi Bloom. Buku teks yang digunakan adalah Buku Teks Matematika SMA kelas X kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis dokumen (documentary analysis) atau analisis isi (content analysis) yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi yang didokumentasikan dalam bentuk tulisan. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data. Soal yang telah dikumpulkan akan dianalisis tingkat kognitifnya dengan menggunakan nstrumen dalam nstrument pengumpulan data dan dibantu dengan kata kerja operasional yang telah disediakan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Metode Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa analisis soal uji kompetensi materi fungsi pada Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Revisi 2017 berdasarkan ranah kognitif dalam taksonomi bloom yang telah direvisi masih kurang seimbang dalam segi kesulitan. Uji Kompetensi yang diuji terdiri dari 22 soal uraian yang memiliki 37 pertanyaan. Hasil presentase tingkat kognitif dari soal uji kompetensi yang diteliti adalah 0% C1, 2,7% C2, 45,9% C3, 45,9% C4, 5,4% C5, dan 0% C6. Presentase soal tersebut masih memiliki penyebaran tingkat kesulitan soal yang belum seimbang. Perbandingan tingkat kesulitan soal yang seimbang antara soal mudah, soal sedang, dan soal sulit adalah 30% soal C1 dan C2, 40% soal C3 dan C4, serta 30% soal C5 dan C6. Kata Kunci: Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom, Analisis Buku Teks Siswa ABSTRACT This study aimed to describe the cognitive level of function material competency test questions contained in the textbooks of class X SMA students using Bloom's Taxonomy. The textbook used was the 2013 revised 2017 edition of the Year X High School Mathematics Textbook. This research is a descriptive qualitative research using the method of documentary analysis or content analysis, namely research conducted on information documented in written form. This research used documentation method to collect data. The questions that have been collected then were analyzed for cognitive level using indicators in the data collection instrument and assisted with operational verbs that have been provided. The data analysis method used in this study was the Miles and Huberman model which includes data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the research results that have been obtained, it can be concluded that the analysis of the function material competency test questions in the 2013 Revised 2017 Curriculum Mathematics Textbook based on the cognitive domain in the revised Bloom's taxonomy was still not balanced in terms of difficulty. The Competency Test that was tested consisted of 22 description questions which had 37 questions. The results of the cognitive level percentage of the competency test questions studied were 0% C1, 2.7% C2, 45.9% C3, 45.9% C4, 5.4% C5, and 0% C6. The percentage of these questions still has an unbalanced distribution of the level of difficulty. The comparison of the level of difficulty of the questions that were balanced between easy questions, medium questions, and difficult questions is 30% questions C1 and C2, 40% questions C3 and C4, and 30% questions C5 and C6. Keywords: Cognitive Level, Bloom's Taxonomy, Student Textbook Analysis

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDQUDSIYAH, KHOIRULazril.dito@gmail.com
UNSPECIFIEDSUSANTO, HARI PURNOMOharipurnomosusanto@gmail.com
UNSPECIFIEDQUDSIYAH, KHOIRULazril.dito@gmail.com
UNSPECIFIEDHIDAYAT, TAUFIKetaufik87@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 28 Aug 2021 07:17
Last Modified: 10 Nov 2021 03:58
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/503

Actions (login required)

View Item View Item