PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA PADA PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 KEBONAGUNG

SRIANI, SRIANI (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA PADA PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 KEBONAGUNG. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
SRIANI_PM_AB2021.pdf

Download (578kB)
[img] Text
SRIANI_CEK PLAGIASI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
SRIANI_PM_AR2021.pdf

Download (824kB)
[img] Text
SRIANI_BAB 123_PM2021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika. 2) Pengaruh kemampuan literasi digital siswa terhadap prestasi belajar matematika. 3) Pengaruh lingkungan keluarga dan kemampuan literasi digital siswa terhadap prestasi belajar matematika selama pelaksanaan belajar dari rumah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kebonagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Sampel penelitian ini adalah 65 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kebonagung. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini merupakan Probability sampling dengan teknik Simple random sampling dan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data diperoleh dari hasil dokumentasi dan angket serta teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan metode Stepwise menggunakan bantuan SPSS versi 16.0. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa:1) Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga pada pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) terhadap prestasi belajar matematika di SMP Negeri 1 Kebonagung, yang ditunjukkan dengan dan nilai Sig.0,017<0,050. 2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan literasi digital siswa pada pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) terhadap prestasi belajar matematika di SMP Negeri 1 Kebonagung, yang ditunjukkan dengan nilai Sig.0,513>0,050. 3) Tidak terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan kemampuan literasi digital siswa pada pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) terhadap prestasi belajar matematika di SMP Negeri 1 Kebonagung, yang ditunjukkan dengan dikeluarkannya variabel literasi digital dari model. Kata Kunci: Pengaruh, Belajar Dari Rumah, Prestasi Belajar Matematika ABSTRACT This research is meant to know: 1) The influence of the family environment on learning achievement in mathematics. 2) The effect of students' digital literacy skills on mathematics learning achievement. 3) The influence of the family environment and students' digital literacy skills on mathematics learning achievement during the implementation of learning from home for class VII students of SMP Negeri 1 Kebonagung. This research is a quantitative research with the type of ex post facto research. The sample of this study was 65 students of class VII SMP Negeri 1 Kebonagung. The sampling technique in this study is probability sampling with a simple random sampling technique and the determination of the number of samples using the Slovin formula. The data collection method was obtained from the results of documentation and questionnaires and the data analysis technique used was Multiple Linear Regression Analysis with the Stepwise method using SPSS version 16.0. The results of the data analysis concluded that: 1) There was a significant effect of the family environment on the implementation of learning from home (BDR) on mathematics learning achievement at SMP Negeri 1 Kebonagung, which was indicated by and the value of Sig. 0.017 < 0.050. 2) There is no significant effect of students' digital literacy skills on the implementation of learning from home (BDR) on mathematics learning achievement at SMP Negeri 1 Kebonagung, as indicated by the value of Sig.0.513> 0.050. 3) There is no influence of the family environment and students' digital literacy skills on the implementation of learning from home (BDR) on mathematics learning achievement at SMP Negeri 1 Kebonagung, which is indicated by the exclusion of digital literacy variables from the model. Keywords: Influence, Learning From Home, Mathematics Learning Achievement

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMEIFIANI, NELY INDRAindrameifianinely@gmail.com
UNSPECIFIEDMULYADI, MULYADImulyadipacitan@gmail.com
UNSPECIFIEDMEIFIANI, NELY INDRAindrameifianinely@gmail.com
UNSPECIFIEDQUDSIYAH, KHOIRULazril.dito@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 28 Aug 2021 07:14
Last Modified: 10 Nov 2021 04:11
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/505

Actions (login required)

View Item View Item