HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN LITERASI TEKNOLOGI DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF, KRITIS, DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 NGADIROJO

AMBARWATI, YENNI (2021) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN LITERASI TEKNOLOGI DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF, KRITIS, DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 NGADIROJO. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
YENNI AMBARWATI_PM_AB2021.pdf

Download (414kB)
[img] Text
YENNI AMBARWATI_CEK PLAGIASI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
YENNI AMBARWATI_PM_AR2021.pdf

Download (989kB)
[img] Text
YENNI AMBARWATI_BAB 123_PM2021.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: (1) kemampuan literasi teknologi dengan kemampuan berpikir kreatif, (2) kemampuan literasi teknologi dengan kemampuan berpikir kritis, (3) kemampuan literasi teknologi dengan kemampuan komunikasi matematika. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ngadirojo tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebanyak 18 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kemampuan literasi teknologi dan tes keterampilan berpikir kreatif, kritis, dan komunikasi matematika pada materi segitiga dan segiempat. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS 16.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan literasi teknologi dengan keterampilan berpikir kreatif, (2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan literasi teknologi dengan keterampilan berpikir kritis, (3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan literasi teknologi dengan keterampilan komunikasi matematika. Kata kunci: Literasi Teknologi, Keterampilan Berpikir Kreatif, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Komunikasi Matematika. ABSTRACT This research aims to determine the relationship between 1) technological literacy skills with creative thinking skills; 2) technological literacy skills with critical thinking skills; 3) technological literacy skills with mathematical communication skills. It is correlation research that used a quantitative approach. The research population is all of the students in the 7th graders of SMPN 3 Ngadirojo. The research sample takes 18 students in class VI-A. The research instruments used to collect the data are questionnaires of the technology literacy skills and tests for their creative thinking skill, critical thinking skill, and mathematical communication skills on triangles and rectangular material. The data analysis technique used simple correlation by SPSS 16.0 application. The result showed that: 1) there is a positive and significant relationship between technological literacy skills with creative thinking skills; 2) there is no significant relationship between technological literacy skills with critical thinking skills; 3) there is no significant relationship between technological literacy skills with mathematical communication skills. Keywords: Technological Literacy, Creative Thinking Skills, Critical Thinking Skills, Mathematical Communication Skills

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDQUDSIYAH, KHOIRULazril.dito@gmail.com
UNSPECIFIEDAPRIYANI, DWI CAHYANI NURyaa_latiif@yahoo.com
UNSPECIFIEDQUDSIYAH, KHOIRULazril.dito@gmail.com
UNSPECIFIEDMEIFIANI, NELY INDRAindrameifianinely@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 28 Aug 2021 06:56
Last Modified: 10 Nov 2021 04:15
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item