Analisis Keaktifan Siswa Melalui Penggunaan Model Kooperatif Tipe Take and Give pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 1 Losari Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2020/2021

PRASTYANI, CINDY AFRISKA (2021) Analisis Keaktifan Siswa Melalui Penggunaan Model Kooperatif Tipe Take and Give pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 1 Losari Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2020/2021. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
CINDY AFRISKA PRASTYANI_PGSD_AB2021.pdf

Download (107kB)
[img] Text
CINDY AFRISKA_PGSD_AR2021.pdf

Download (1MB)
[img] Text
CINDY AFRISKA_PGSD_CEK PLAGIASI.pdf

Download (523kB)
[img] Text
CINDY AFRISKA PRASTYANI_BAB 123_PGSD2021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan pembelajaran tematik menggunakan model kooperatif tipe take and give di kelas IV SDN 1 Losari Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2020/2021.(2) keaktifan siswa dalam pembelajaran tematik menggunakan model kooperatif tipe take and give di kelas IV SDN 1 Losari Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2020/2021.(3) faktor pendukung dan penghambat keaktifan siswa dalam pembelajaran tematik menggunakan model kooperatif tipe take and give di kelas IV SDN 1 Losari Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan 12 siswa di kelas IV SD Negeri 1 Losari. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, wawancara tidak terstrukur, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data memperoleh kesimpulan bahwa: 1. Pembelajaran kooperatif tipe take and give dilakukan dengan menggunakan media bantu. 2. Siswa aktif dalam pembelajaran pada saat penerapan model koperatif tipe take and give. 3. Faktor pendukung dan penghambat pada pembelajaran take and give yaitu, modifikasi pembelajaran, melatih siswa untuk bekerjasama dan menghargai kemampuan orang lain, melatih siswa untuk berinteraksi secara baik dengan teman sekelasnya, akan dapat memperdalam dan mempertajam pengetahuan siswa melalui kartu yang dibagikan kepadanya, dapat meningkatkan tanggung jawab siswa. Adapun penghambat dari pembelajaran tipe take and give yaitu, kesulitan untuk mendisiplinkan siswa dalam kelompok-kelompok, ketidak sesuaian skill antara siswa yang memiliki kemampuan akademik yang baik dan siswa yang kurang memiliki kemampuan akademik, kecenderungan terjadinya free rider dalam setiap kelompok, utamanya siswa-siswa yang akrab satu dengan yang lain. Kata Kunci: keakifan siswa, pembelajaran kooperatif , pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDERVIANA, LINAlinaerviana27@gmail.com
UNSPECIFIEDAL FATH, AYATULLAH MUHAMMADINayatullah200289@gmail.com
UNSPECIFIEDERVIANA, LINAlinaerviana27@gmail.com
UNSPECIFIEDSUGIYONO, SUGIYONOsugiyonopacitan@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 28 Aug 2021 23:44
Last Modified: 11 Nov 2021 04:17
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item