KRISMONIX, DEWI (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN ARJOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.
Text
DEWI KRISMONIX_PGSD_AB2021.pdf Download (415kB) |
|
Text
DEWI KRISMONIX_CEK PLAGIASI.pdf Download (144kB) |
|
Text
DEWI KRISMONIX_PGSD_AR2021.pdf Download (605kB) |
|
Text
DEWI KRISMONIX_BAB II_PGSD2021.pdf Download (137kB) |
|
Text
DEWI KRISMONIX_BAB III_PGSD2021.pdf Download (70kB) |
|
Text
DEWI KRISMONIX_BAB I_PGSD2021.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan efektivitas penggunaan gadget sebagai sarana pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Arjowinangun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Arjowinangun. Guru yang dimaksud adalah guru yang mengajar di kelas IV SDN Arjowinangun. Objek penelitian merupakan titik perhatian dalam dalam sebuah penelitian. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan efektivitas penggunaan gadget sebagai sarana pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Arjowinangun. Teknik pengumpulan data ini yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu Efektivitas penggunaan gadget sebagai sarana pembelajaran daring siswa kelas IV SDN Arjowinangun secara umum tidak terlaksana dengan baik. Hambatan yang dialami guru yaitu sebagian besar anak menggunakan gadget orang tua. Motivasi siswa dalam melakasanakan pembelajaran daring cenderung turun. Proses belajar mengajar menggunakan gadget guru menyiapkan RPP pembelajaran daring, media pembelajaran, sumber buku, dan penilaian siswa. Pengumpulan tugas siswa berupa foto yang dikirimkan kepada guru kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa siswa tidak senang dan kurang aktif dalam melakukan pembelajaran menggunakan gadget. Kata Kunci: Efektivitas, Gadget, Motivasi Belajar ABSTRACT This study aimed to describe the effectiveness of using gadgets as a means of online learning on the learning motivation of fourth graders at SDN Arjowinangun. This study used qualitative research methods. The subjects in this study were teachers and fourth grade students of SDN Arjowinangun. The teacher referred to here is a teacher who teaches in class IV SDN Arjowinangun. The object of research that was a point of interest in a study was the effectiveness of using gadgets as a means of online learning on the learning motivation of fourth grade students of SD Arjowinangun. The data collection techniques used in this study included observation, interviews, questionnaires, and documentation. The result of this research is that the effectiveness of using gadgets as a means of online learning for fourth graders at SDN Arjowinangun was generally not well implemented. The obstacle experienced by the teacher was that most children use their parents' gadgets. Student motivation in carrying out online learning tended to fluctuate. In the teaching and learning process using gadgets teacher prepared many stuffs like online learning lesson plans, learning media, book resources, and student assessments. The collection of student assignments was in the form of photos that were sent to the class teacher. Based on the results of the research that has been done, it showed that students were not happy and less active in learning using gadgets. Keywords: Effectiveness, Gadgets, Learning Motivation
Item Type: | Thesis (Other) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||||||||
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini | |||||||||||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2021 02:16 | |||||||||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2021 03:46 | |||||||||||||||
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/591 |
Actions (login required)
View Item |