PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 1 HADIWARNO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

MONIKA, LINDA TRIA (2021) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 1 HADIWARNO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
LINDA TRIA MONIKA_PGSD_AB2021.pdf

Download (415kB)
[img] Text
LINDA TRIA MONIKA_BAB 123_PGSD2021.pdf

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) prosedur penggunaan media video dalam pembelajaran daring mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Hadiwarno, (2) hambatan guru dan siswa dalam menggunakan media video pada pembelajaran daring mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Hadiwarno, (3) upaya guru dan siswa untuk menghadapi hambatan dalam menggunakan media video pada pembelajaran daring mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Hadiwarno. Jenis penelitian kualitatif digunakan pada penelitian ini. Seorang guru dan 13 siswa kelas V SD Negeri 1 Hadiwarno sebagai subjek yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi tentang penggunaan media video dalam pembelajaran daring mata pelajaran IPA dipilih sebagai metode pengumpulan data. Triangulasi teknik dan sumber digunakan sebagai teknik keabsahan data dan analisa data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Temuan penelitian ini yaitu: (1) penggunaan media video dalam pembelajaran daring mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Hadiwarno dikategorikan baik, pelaksanaanya sudah sesuai dengan prosedur yang ada; (2) hambatan yang dialami guru dan siswa diantaranya sinyal internet yang susah dan biaya kuota internet yang mahal; (3) upaya yang dilakukan guru dan siswa untuk menghadapi hambatan tersebut yaitu saran penggunaan hotspot dari handphone orang tua, mencari wifi ke rumah teman dan tetangga terdekat, sehingga membantu kelancaran dalam mengikuti pembelajaran daring Kata Kunci: Media Video, Pembelajaran Daring, Pelajaran IPA. ABSTRACT The purpose of this study was to describe: (1) the procedure for using video media in online learning for science subjects for class V SD Negeri 1 Hadiwarno, (2) the barriers for teachers and students in using video media in online learning for science subjects for class V SD Negeri 1 Hadiwarno , (3) the efforts of teachers and students to face obstacles in using video media in online learning for fifth-grade science subjects at SD Negeri 1 Hadiwarno. Qualitative research was used in this study. A teacher and 13 fifth grade students of SD Negeri 1 Hadiwarno as subjects were selected by purposive sampling technique. The technique of observation, interviews and documentation on the use of video media in online learning of science subjects was chosen as the data collection method. Both technique and source triangulation were as the technique of data validity and data analysis using the qualitative descriptive technique. The findings of this study are: (1) the use of video media in online learning for science subjects class V SD Negeri 1 Hadiwarno was categorized as good, the implementation was by existing procedures; (2) the barriers experienced by teachers and students included difficult internet signal and expensive internet quota fees; (3) the efforts made by teachers and students to face these obstacles are suggestions for using hotspots from parents' cellphones, looking for wifi to the homes of friends and closest neighbours, thus helping smoothness in participating in online learning. Keywords: Video Media, Online Learning, Science Lessons.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDTISNGATI, URIPuriptisngati@gmail.com
UNSPECIFIEDSETYOWATI, ERNAern45etyawati@gmail.com
UNSPECIFIEDTISNGATI, URIPuriptisngati@gmail.com
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAmegapurnamasari1986@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 29 Aug 2021 02:31
Last Modified: 07 Oct 2022 03:20
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/597

Actions (login required)

View Item View Item