Perancangan Pembuatan Videoscribe Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Tata Surya Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Worawari di Tengah Pandemi Covid-19

SEPTIANA, FERDYNA (2021) Perancangan Pembuatan Videoscribe Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Tata Surya Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Worawari di Tengah Pandemi Covid-19. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
FERDYNA SEPTIANA_PI_AB2021.pdf

Download (393kB)
[img] Text
FERDYNA SEPTIANA_PI_ AR2021.pdf

Download (871kB)
[img] Text
FERDYNA SEPTIANA_PI_CEK PLAGIASI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
FERDYNA SEPTIANA_BAB 1_PI2021.pdf

Download (152kB)
[img] Text
FERDYNA SEPTIANA_BAB 2_PI2021.pdf

Download (396kB)
[img] Text
FERDYNA SEPTIANA_BAB 3_PI2021.pdf

Download (251kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kelayakan dan keefektifan media pembelajaran Videoscribe pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk materi Tata Surya di kelas VI SD Negeri 2 Worawari. Penelitian ini termasuk penelitian model Reseacrh and Development (R&D). Data yang dikumpulkan dengan cara pendekatan kuantitatif berupa angka atau skor. Data yang terkumpul melalui angket yang telah dibagikan kemudian ditabulasikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Worawari dengan jumlah siswa 20 orang. Metode pengumpulan data diperoleh dari instrument angket kuesioner dan soal. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif, peneliti menggunakan penyebaran kuesioner melalui home visit. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Perancangan media pembelajaran Videoscribe sistem Tata Surya menggunakan adobeflash sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran ini dikemas dalam bentuk SWF interaktif yang digunakan untuk pembelajaran sistem Tata Surya, (2) Hasil angket untuk siswa menunjukkan siswa sangat tertarik belajar menggunakan media pembelajaran Videoscribe sistem Tata Surya. Dari hasil jawaban angket siswa yang diberikan maka, dperoleh rata-rata 3,8, (3) Kelayakan media pembelajaran Videoscribe pada materi Tata Surya dinilai oleh ahli media, ahli materi, dan responden melalui angket atau kuesioner. Hasil dari penilaian oleh para ahli menyatakan bahwa media pembelajaran Videoscribe layak untuk diimplementasikan kepada pengguna dengan perbaikan menurut saran para ahli. Kata Kunci: Media Pembelajaran, IPA, Videoscribe.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPRASTYO, TIKA DEDYkuliah.didiet@gmail.com
UNSPECIFIEDMUKODI, MUKODImukodi@yahoo.com
UNSPECIFIEDPRASTYO, TIKA DEDYkuliah.didiet@gmail.com
UNSPECIFIEDNURHAYATI, NURHAYATInurh8091@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Informatika
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 29 Aug 2021 01:29
Last Modified: 10 Nov 2021 04:18
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/598

Actions (login required)

View Item View Item