ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA LAGU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD

PURNAMASARI, SILVIA (2021) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA LAGU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
SILVIA PURNAMASARI_PGSD_AB2021.pdf

Download (514kB)
[img] Text
SILVIA PURNAMASARI_BAB I_PGSD2021.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SILVIA PURNAMASARI_BAB II_PGSD2021.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SILVIA PURNAMASARI_BAB III_PGSD2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penggunaan media lagu pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SD, (2) hasil belajar siswa sesudah menggunakan media lagu pada materi bangun datar siswa kelas IV SD, (3) kelebihan dan kekurangan media lagu pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun 2020/2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD lingkungan Dusun Sundeng, Desa Bangunsari. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi media lagu, tes hasil belajar, dan wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif model Miles & Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunujukkan bahwa penggunaan media lagu untuk pembelajaran matematika materi bangun datar dapat diterima dengan baik oleh siswa. Siswa tertarik dan senang belajar menggunakan media lagu sehingga siswa dapat mengerjakan soal tes dengan baik. Media lagu dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari hasil belajar soal pre-test dan post-test. Kelebihan media lagu dalam pembelajaran matematika materi bangun datar adalah (1) materi dapat dipahami menggunakan media lagu, (2) meningkatkan kemauan dan minat belajar siswa, (3) membangkitkan semangat belajar matematika, (4) siswa tidak merasa bosan dan menjadi lebih aktif, (5) serta dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis dan hasil belajar siswa. Sedangkan kekurangan media lagu dalam pembelajaran matematika materi bangun datar adalah siswa hanya dapat mengandalkan salah satu dari kelima inderanya sehingga komunikasi yang diberikan dalam pembelajaran hanya bersifat satu arah. Kata kunci: Media Lagu, Bangun Datar, Siswa Kelas IV. ABSTRACT This study aimed to find out: (1) the use of song media in mathematics learning of grade IV elementary students, (2) student learning outcomes after using song media on flat build materials of grade IV elementary school, (3) advantages and disadvantages of song media in mathematics learning of grade IV elementary students. This research was qualitative research. The research was conducted in the even semester of 2020/2021. The subjects of the study were grade IV elementary school students Dusun Sundeng, Bangunsari Village. The data collecting techniques were observation, test, and interview. Validity of data used triangulation techniques. Data analysis techniques used qualitative descriptive techniques of the Miles &Huberman model, including data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results suggested that the use of song media for mathematical learning of flat building materials can be well received by students. Students were interested and enjoy learning to use the media of songs so that students can do the test well. The song media can improve students' mathematical representation and learning outcomes. This can be known from the results of learning pre-test and post-test. The advantages of song media in learning mathematics for Flat Building material were (1) that the material can be understood using the medium of song, (2) increasing the willingness and interest of students' learning, (3) evoking the students� spirit of learning mathematics, (4) students did not feel bored and become more active, and (5) improving the ability of mathematical representation and student learning outcomes. While the absence of song media in the learning of mathematics on Flat Building material made students only rely on one of the five senses so that the communication provided in learning is only one-way. Keywords: Song Media, Flat Building, Grade IV Students.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSUGIYONO, SUGIYONOUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDARDHYANTAMA, VITUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 29 Aug 2021 03:01
Last Modified: 11 Nov 2021 04:51
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/620

Actions (login required)

View Item View Item