PEMAHAMAN SISWA SD TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DITINJAU DARI MINAT BACA

DIANINGRUM, YASHINTA (2021) PEMAHAMAN SISWA SD TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DITINJAU DARI MINAT BACA. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
YASHINTA DIANINGRUM_PGSD_AB2021.pdf

Download (415kB)
[img] Text
YASHINTA DIANINGRUM_BAB I_PGSD2021.pdf

Download (1MB)
[img] Text
YASHINTA DIANINGRUM_BAB II_PGSD2021.pdf

Download (1MB)
[img] Text
YASHINTA DIANINGRUM_BAB III_PGSD2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Minat baca siswa terhadap materi pembelajaran Bahasa Jawa, (2) Pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran Bahasa Jawa, (3) Pemahaman siswa dilihat dari minat baca terhadap materi pembelajaran Bahasa Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan 16 subjek yakni siswa kelas IV SD Negeri 1 Hadiwarno tahun pelajaran 2020/2021. Objek penelitian ini adalah pemahaman siswa dan minat baca siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Minat baca siswa kelas IV SD Negeri 1 Hadiwarno secara umum memiliki minat baca yang tinggi, 2. Pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 1 Hadiwarno secara umum memiliki pemahaman yang sedang, 3. Pemahaman siswa dilihat dari minat baca terhadap materi pembelajaran bahasa Jawa ada keterkaitannya, siswa yang memiliki minat baca yang baik akan memiliki pemahaman yang baik pula. Dengan demikian siswa harus meningkatkan minat baca, dengan banyak membaca dapat meningkatkan pemahaman juga pengetahuan seseorang. Kata Kunci: Minat Baca, Pemahaman, Materi Bahasa Jawa. ABSTRACT This study aims to determine: (1) students' reading interest in Javanese language learning materials, (2) students' understanding of Javanese language learning materials, (3) students' understanding viewed from reading interest in Javanese language learning materials. This research was a qualitative descriptive study using 16 subjects, namely fourth grade students of SD Negeri 1 Hadiwarno in the 2020/2021 academic year. The object of this research is students' understanding and reading interest of students. Data collection techniques used in this research were questionnaires, interviews, tests, and documentation. Data analysis in this research included data reduction, data presentation, and conclusion drawing. This study shows that: 1. In general, the fourth grade students of SD Negeri 1 Hadiwarno, has a high interest in reading Javanese language materials, 2. The fourth grade students of SD Negeri 1 Hadiwarno, in general, has a moderate understanding of Javanese language materials, 3. There was relation between the students' understanding viewed from their interest in reading towards Javanese language learning materials, students who have a good reading interest will have a good understanding as well. Thus students must increase interest in reading, then, reading a lot can increase one's understanding and knowledge. Keywords: Reading Interest, Comprehension, Javanese Language Material.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDARDHYANTAMA, VITUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 29 Aug 2021 03:09
Last Modified: 11 Nov 2021 04:26
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/628

Actions (login required)

View Item View Item